Ketahui Beberapa Manfaat Bengkoang Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat bengkoang bagi kecantikan dan kesehatan mungkin sudah pernah Anda ketahui baik dari berbagai produk kecantikan dan perawatan kesehatan yang iklannya sering ditayangkan di TV atau media lainnya.

khasiat alami bengkoang untuk kesehatan

Bahkan kabarnya bengkoang sudah sejak dulu menjadi rahasia kecantikan para wanita bangsawan yang diwariskan kepada putri-putri mereka.

Bengkoang memiliki bentuk yang cukup unik, bulat dan nampak seperti permainan anak-anak “gasing”, kulitnya berwarna kuning pucat dan umbi didalamnya berwarna putih yang mengandung cairan yang rasanya manis.

Umbi bengkoang memiliki efek pendigin karena kadar air yang sangat tinggi yaitu sekitar 85-90%. Meskipun rasa alami cairan bengkoang manis, namun tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia.

Oleh karena itu, bengkoang sangat bermanfaat untuk penderita kencing manis (diabetes) dan bagi mereka yang sedang menjalani program diet rendah kalori.

Manfaat Bengkoang Bagi Kecantikan

Bengkoang merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok umbi-umbian dengan nama latin Pachyrhizus erosus.

Bengkoang termasuk bahan perawatan kecantikan dan kesehatan yang cukup mudah didapat, harganya terjangkau dan berkualitas tinggi.

Untuk mengetahui apa saja manfaat bengkoang bagi kecantikan dan kesehatan ada baiknya bila Anda menyimak uraian singkat dibawah ini.

1. Membuat kulit lebih bercahaya

Bengkoang kaya akan vitamin C dan B1 yang sangat bermanfaat untuk membuat kulit lebih bercahaya, cerah dan berseri.

Untuk mendapatkan kulit yang cerah, gunakan masker bengkoang dengan cara memarutnya atau menghaluskannya terlebih dahulu, setelah itu oleskan keseluruh wajah, biarkan sampai kering, lalu bilas sampai bersih.

Pakailah masker bengkoang dari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Membuat kulit lebih kencang dan lebih awet muda

Bengkoang menjadi bahan dasar berbagai produk perawatan kecantikan karena mengandung vitamin C yang tinggi, flavonoid dan saponin yang merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda tidak perlu repot mengolahnya, cukup mengkonsumsinya saja secara teratur dan rutin setiap hari.

3. Membuat kulit lebih sehat, halus dan lembut

Selain vitamin C dan B1, bengkoang juga kaya akan mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan besi (zinc) yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat, halus dan lembut.

Mengkonsumsi bengkoang secara langsung ataupun di buat jus yang tidak ditambapkan dengan susu atau pemanis secara rutin akan membuat kulit lebih segar, halus, lembut.

4. Membuat kulit dingin

Bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, dan harus terpapar sinar matahari yang terkadang membuat kulit terasa panas bahkan iritasi karena sengatan sinar matahari.

Bengkoang ini sangat baik untuk kulit Anda dengan cara diparut terlebih dahulu, setelah itu di oleskan keseluruh bagian kulit yang terkena sengatan matahari, maka efek dingin akan Anda rasakan.

Jadi selain mendinginkan kulit, dengan masker bengkoang Anda juga bisa terbebas dari resiko perubahan warna kulit dan iritasi kulit akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

Khasiat Bengkoang Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat bengkoang bagi kecantikan, maka selanjutnya adalah mengetahui kegunaan bengkoang bagi kesehatan dalam kehidupan sehari – hari, yaitu :

1. Menstabilkan kadar kolesterol pada darah

Kandungan air dan serat yang tinggi pada bengkoang membuatnya mampu menstabilkan kadar kolesterol berlebihan pada darah.

Selain itu kandungan vitamin C juga bermanfaat sebagai anti-oksidan alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit dan berbagai gangguan perncernaan lainnya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bengkoang.

Bengkoang ini kaya akan serta yang sangat baik untuk membantu proses buang air besar lebih lancar yang menjadi penyebab terjadinya konstipasi.

3. Mengatasi diare

Selain sembelit, salah satu masalah kesehatan pada bagian pencernaan adalah penyakit diare.

Bengkoang juga dapat menjadi salah satu bahan pengobatan alami yang mampu meredakan gejala diare, dengan cara mengkonsumsinya secara langsung.

4. Mengobati panas dalam dan sariawan

Bila tubuh kekurangan vitamin C dengan sistem daya tahan tubuh yang tidak stabil, maka akan mudah mengalami panas dengan gejala sariawan dan sakit pada tenggorokan.

Dengan kandungan vitamin c yang tinggi dan antioksidan yang terdapat pada bengkoang, maka dengan mengkonsumsinya secara teratur maka akan membantu proses penyembuhan.

Agar pengobatan lebih maksimal, buatlah jus bengkoang yang ditambah dengan satu sendok madu, sebelum ditelan, sebaikya ditahan dulu beberapa detik di mulut, baru setelah itu di telan.

Hal ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

5. Mengobati penyakit maag atau tukak lambung

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan produksi asam lambung yang berlebihan, yang menjadi penyebab penyakit maag atau tukak lambung, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bengkoang yang segar.

Hal ini karena kandungan alkali didalam umbi-umbian yang dingin, sehingga cepat menyerap asam lambung yang berlebihan. Bahkan ahli Naturopathic sangat menganjurkan penderita maag akut untuk mengkonsumsi bengkoang segar secara rutin dan teratur.

6. Meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh

Kandungan fitonutrien yang terdapat di dalam bengkoang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh.

Zat ini akan membantu tubuh melawan berbagai virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

7. Menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil

Bagi penderita diabetes militus (kencing manis) mengkonsumsi bengkoang dapat menjadi alternatif penyembuhan alami.

Bengkoang memiliki kandungan serat yang tinggi didalamnya mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

Untuk hasil yang optimal sebaiknya konsumsilah bengkoang dengan cara di buat jus, kemudian diminum setiap hari pada pagi dan sore.

8. Mencegah penuaan dini (sumber fitoestrogen alami)

Bagi para wanita yang sudah memasuki usia paruh baya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bengkoang.

Bengkoang merupakan sumber fitoestrogen alami yang sangat baik untuk menjaga tubuh lebih segar dan sehat meskipun sudah memasuki usia tua.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang manfaat bengkoang bagi kecantikan dan kesehatan.