Beragam Kandungan Gizi Pada Buah Duku Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Pernah mendengar buah duku ? Buah duku merupakan buah yang termasuk dalam rumpun suku Meliaceae. Bentuk buah ini sepintas mirip dengan langsat, kokosan atau celuring.

manfaat buah duku bagi kesehatan

Buah duku banyak ditemukan di provinsi Sumatera Selatan. Mungkin buah ini tidak sepopuler buah apel, pisang, anggur atau semangka, namun jangan salah karena khasiat buah ini tidak berbeda jauh dengan buah-buah tersebut.

Kandungan dalam buah duku ternyata dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Jika dihitung dalam setiap 100 gram buah kudu mengandung zat berupa :

  • Kalori 7 kkal
  • Protein 1.0 gram
  • Lemak 0.2 gram
  • Karbohidrat 13 gram
  • Zat besi 0.9 miligram
  • Kalsium 18 miligram
  • Fosfor 9 miligram
  • Mineral 0.7 gram

Dan setelah diteliti ternyata kandungan kalori, zat besi dan mineral dalam buah duku lebih tinggi daripada buah apel atau jeruk. Buah duku yang matang akan terasa manis namun jangan sampai tergigit bijinya karena biji duku terasa pahit.

Saat ini duku tidak hanya dimakan dalam bentuk buah saja namun sudah banyak diolah menjadi sari sirup, selai atau isian puding.

Dengan kandungan buah duku yang tinggi vitamin dan mineral tentu manfaat buah ini tidak hanya sebagai makanan pencuci mulut saja.

Selain itu tidak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat tetapi juga kulit, batang dan biji duku mempunyai manfaat masing-masing.

Bahkan kulit kayu dari pohon duku dipercaya bisa mengobati luka akibat sengatan kalajengking serta benalu pohonnya dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Buah duku juga bermanfaat sebagai obat resin yang berfungsi dalam pengobatan kolik (sakit perut akut) dan peradangan dan sebagai antispasmodic untuk menyembuhkan kejang-kejang.

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Penelitian sudah membuktikan bahwa duku mempunyai banyak khasiat lainĀ  dalam kesehatan tubuh dan berikut beberapa manfaat buah duku :

1. Menjaga kesehatan gusi

Untuk mendapatkan gusi yang sehat tentu dengan banyak mengkonsumsi vitamin C dan vitamin D. Pada buah duku kedua vitamin ini bisa didapat.

Vitamin C berfungsi untuk mencegah panas dalam, gejala sariawan serta menghambat radang pada gusi. Sedangkan vitamin D bertugas untuk memperkuat gusi sebagai tempat tumbuhnya gigi.

2. Menguatkan gigi

Selain menguatkan gusi, kandungan dalam manfaat buah duku juga mampu memperkuat gigi. Fosfor yang banyak terdapat pada buah duku menghindarkan gigi dari kekeroposan atau mudah rapuh dan membuat gigi lebih kuat dan sehat.

3. Mengendalikan kolesterol

Khasiat buah kecil ini ternyata mampu sebagai pengendali kolesterol dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih terasa sehat. Banyak memakan buah duku akan membuat vitamin C juga terproduksi banyak dalam tubuh.

Vitamin itulah yang bertugas mencegah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah serta mencegah timbulnya penyakit batu empedu.

4. Mengatasi anemia

Manfaat buah duku lainnya yaitu mengatasi anemia. Buah duku mengandung banyak zat besi yang bertugas untuk meningkatkan kadar sel darah merah dan memperlancar suplai darah menuju seluruh tubuh.

Zat besi juga berperan untuk mengikat oksigen dengan mudah sehingga dapat menghindarkan dari rasa lemah, lesu dan letih yang merupakan tanda-tanda anemia

5. Menurunkan berat badan

Sedang berdiet untuk menurunkan berat badan ? Cobalah dengan banyak mengkonsumsi buah duku. Vitamin C dalam buah ini begitu banyak sehingga bisa membakar lemak secara maksimal.

Seperti yang diketahui bahwa vitamin C mengandung carnitine yang mengarahkan molkul lemak ke sel jaringan tempat pembakaran lemak. Sehingga semakin banyak banyak carnitine semakin berkurang pula timbunan lemak dalam tubuh

6. Melancarkan sistem pencernaan

Buah duku juga memiliki khasiat untuk memperlancar sistem pencernaan. Dalam buah duku mengandung banyak dietary fiber atau serat yang tinggi sehingga memudahkan kerja pencernaan.

Selain itu serat tersebut dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker terutama mencegah terjadinya kanker kolon

7. Obat Cacingan

Manfaat buah duku sebagai obat adalah untuk mengatasi penyakit cacingan. Namun yang digunkan sebagai bahan obatnya adalah biji buah duku yang mengandung oleoresin.

Caranya dengan mengambil beberapa biji duku yang sudah kering lalu cuci bersih, setelah itu tumbuk sampai halus. Hasil tumbukan itu kemudian diseduh dengan air hangat secukupnya.

Minum ramuan tersebeut sebanyak satu kali sehari dengan takaran seperempat gelas.

8. Menjaga kesehatan kulit

Buah duku mengandung vitamin E yang efektif untuk membuat kulit lebih sehat. Dengan konsumsi buah duku yang rajin dapat membuat kulit terjaga kelembapannya.

Selain itu juga membuat kulit lebih lembut dan halus serta menjaga dari efek sinar ultra violet.

Vitamin C dalam buah duku bisa melindungi asam nukleat, protein lipid dan karbohidrat dari kerusakan yang ditimbulkan oleh polusi atau racun.

9. Mencegah penuaan dini

Telah disebutkan bahwa buah duku mengandung antioksidan yang tinggi yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya menghambat tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C sebagai antioksidan mampu menangkap radikal bebas yang berbahaya dan mencegah timbulnya garis halus dan flek hitam yang membuat penampilan terlihat tua

10. Mengusir nyamuk

Setelah makan buah duku lebih baik jangan membuang kulitnya. Tidak hanya buahnya saja yang memberikan manfaat tapi kulit buah duku ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk atau serangga yang menggangu.

Caranya cukup dengan membakar kulit buah duku dan aromanya akan membuat serangga atau nyamuk kabur seketika.

11. Meningkatkan sistem imun

Khasiat buah duku yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem imun yang kuat tubuh menjadi lebih sehat serta tidak mudah dimasuki virus atau bakteri penyebab penyakit seperti flu. Selain itu vitamin C juga dapat membantu pemulihan stamina tubuh bagi orang yang baru sembuh

12. Mengatasi masalah kulit

Kulit buah duku selain sebagai pengusir nyamuk juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

Cukup dengan mengoleskan kulit buah duku pada kulit yang terasa gatal-gatal atau pada wajah yang berjerawat secara rutin. Dengan mengoleskan kulit duku juga dipercaya dapat membuat kulit lebih halus.

13. Obat demam, sakit kepala dan diare

Manfaat buah duku lainnya adalah menyembuhkan sakit kepala, demam dan diare. Caranya sama dengan seperti mengobati cacingan yang menggunakan biji duku yang ditumbuk.

Biji buah duku merupakan antipiretik yang dapat menurunkuan suhu tubuh dan mengandung oleoresin sebagai antidiare. Selain itu ramuan biji duku juga bisa meredakan sakit kepala yang menyerang.

14. Sumber antioksidan

Siapa sangka bahwa justru di buah mungil ini akan terdapat sumber antioksidan yang banyak dan berguna sekali baik bagi kesehatan ataupun kecantikan.

Antioksidan bertugas sebagai pelindung karena merupakan nutrisi yang dapat menghindarkan tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Biasanya kerusakan terjadi ketika di dalam tubuh berlangsung proses pencernaan makanan yang diubah menjadi energi. Antioksidan juga melindungi tubuh dari polusi atau racun yang bersumber dari luar tubuh.