Manfaat Buah Naga: Merah Warnanya, Banyak Khasiat Untuk Kesehatan

manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Apa yang terbayang di pikiran anda ketika mendengar kata “NAGA”? Yap! Seekor mahluk besar legendaris yang memiliki sayap dan bisa menyemburkan api dari mulutnya.

Tetapi dalam artikel ini, naga yang dimaksud adalah buah naga yang berwarna merah dengan tampilan yang unik, membuat siapapun yang melihatnya tak sabar ingin mencoba.

Buah naga menjadi salah satu komoditas buah – buahan yang tengah naik daun belakangan waktu. Banyaknya liputan mengenai manfaat buah naga di media besar seperti kompas, detik dll, menjadikan buah naga ini semakin populer.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Dalam Buah Naga?

Perlu anda tahu, buah super ini memiliki variasi nama di berbagai daerah. Secara umum buah ini dikenal dalam bahasa inggris dengan nama “dragon fruit”.

Di Mexico dikenal dengan sebutan pitahaya and pitaya (nama latin ilmiah), sedangkan di Amerika Tengah & Selatan lebih dikenal dengan nama pitaya roja. Di cina buah dengan banyak khasiat ini dikenal dengan nama huǒlóng guǒ yang artinya “fire dragon fruit”.

Lalu zat gizi apa sajakah yang terkandung dalam buah naga? Berdasarkan data dari USDA Branded Food Products Database, berikut ini fakta nutrisi yang terkandung dalam buah naga untuk 100 g (gram) penyajian.

  1. Energi : 264.0 kcal (1.104.6 kJ)
  2. Karbohidrat : 82.14 gram
  • Gula : 82.14 gram
  • Serat Diet : 1.8 gram
  1. Lemak : 0 gram
  2. Protein : 3.57 gram
  3. Vitamin
  • Vitamin C : 6.4 mg (8%)
  1. Minerals
  • Kalsium : 107 mg (11%)
  • Besi : 0 mg (0%)
  • Sodium : 30 mg (2%)

Manfaat buah naga merah bagi kesehatan

Tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga secara umum bermanfaat tuk kesehatan dalam beberapa hal. Adapun beberapa contoh khasiat buah naga merah yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari – hari seperti dibahas berikut ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Usia muda bukanlah jaminan mempunyai tingkat kolesterol rendah. Sudah seharusnyalah menjaga asupan makanan sehari – hari. Bagi yang memiliki kolesterol tinggi di atas level 200, buah naga bisa dijadikan obat atau terapi untuk menurunkannya.

Biji – bijian buah naga kaya akan lemak tidak jenuh ganda, asam lemak omega 3 dan omega 6, yang berkhasiat dalam mengontrol tingkat kolestrol anda tetap rendah. Kadar anti oksidan yang melimpah dapat melawan tingginya LDL (kolestrol jahat).

2. Mengontrol tingkat gula darah

Bagi penderita sakit diabetes baik tipe 1 maupun 2, manfaat buah naga merah ini sangatlah membantu. Kandungan nutrisi zat tocopherols, polyphenols, thiols, glucosinolates dan carotenoids mempunyai peranan yang besar dalam membantu menurunkan kadar gula darah.

Tingginya kandungan serat bermanfaat dalam menghambat lonjakan atau kenaikan gula darah setiap sehabis makan makanan yang mengandung indek glisemik yang tinggi.

3. Manfaat buah naga bagi ibu hamil

Hampir semua wanita bumil menginginkan kehamilan bayinya selalu sehat. Baik dalam trimester pertama, hamil 6 bulan, 7, 8, maupun 9 sampai kehaamilan usia tua berusaha makan makanan yang bergizi demi kesehatan janin bayi.

Bagusnya khasiat buah naga dapat menjadi solusi alternatif kebutuhan gizi selama mengandung. Berikut ini beberapa fungsi dari mengkonsumsi buah naga putih atau merah.

Vitamin C. Zat gizi ini penting dalam mendukung pembentukan gusi, gigi, dan tulang calon bayi. Buah naga dapat menjadi alternatif sebagai sumber vit C selama masa kehamilan.

Karbohidrat. Tingginya kandungan karbohidrat dalam buah naga merah atau putih ini, dapat menjadi sumber energi dalam pertumbuhan janin bayi.

Lemak tidak jenuh tunggal . Mengkonsumsi buah naga ini bagus buat kesehatan bayi karena lemak tak jenuh ini membantu menjaga penambahan berat jabang bayi dalam rahim selama masa kehamilan.

Serat. Kandungan serat fiber yang cukup tinggi membantu mencegah terjadinya konstipasi (sembelit) pada saat mengandung.

4. Mencegah penyakit jantung.

Ada 2 hal yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung seseorang, yakni tekanan darah tinggi atau hipertensi ataupun stress. Tekanan darah yang tidak rendah yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi pun nyatanya dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah super ini setiap hari.

Penyakit kardiovaskuler yang berhubungan dengan pembuluh darah akan dibersihkan dengan pemanfaatan buah naga. Sifat dasar buah naga yang mampu “membersihkan” sistem metabolisme tubuh pun nyatanya berpengaruh bagi pembuluh darah di dalam tubuh.

Sedangkan dalam menekan kadar stress oksidatif seseorang, buah naga sendiri memiliki sifat menenangkan. Sehingga keadaan kejiwaan pun tidak tertekan dan membuat tekanan darah semakin meningkat.

Inilah sebenarnya yang menjadi pemicu penyakit kardiovaskuler untuk berkembang dan makin memburuk dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah stress berlebihan serta cari ketenangan diri dengan cara relaksasi.

5. Membantu program diet sehat

Poin ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum hawa yang menginginkan bobot tubuh ideal. Terlebih bagi mereka yang telah mencoba beragam cara untuk menurunkan berat badan namun tidak jua berhasil.

Anda dapat merasakan manfaat buah naga sebagai penurun dan pengontrol berat tubuh agar tetap dalam kondisi ideal. Mulailah menyetok buah naga ke dalam list buah – buah harian Anda dan pastikan tersedia selalu di dalam kulkas sebagai ganti cemilan.

Guna mendapatkan tubuh langsing, sebenarnya tidaklah sulit didapatkan oleh seseorang. Anda dapat memilih pengganti makanan yang kaya serat namun rendah kalori.

Dengan begini, sistem pencernaan tubuh pun menjadi lancar dan tidak ada penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh.

Apalagi kandungan air dan seratnya yang sangat tinggi dapat menahan rasa lapar Anda jauh lebih lama daripada cemilan tidak sehat yang bercitarasa manis.

6. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah naga baik buah naga putih dan merah mengandung antioksidan yang sangatlah tinggi. Inilah mengapa buah naga mampu menjaga serta mempertahankan sistem kekebalan tubuh tetap baik.

Seseorang yang rajin mengkonsumsi buah naga sangat jarang terjangkiti suatu macam penyakit. Hal ini dikarenakan manfaat buah naga yang dapat menangkal virus maupun bakteri yang bersifat parasit bagi tubuh kita.

7. Membantu menjaga kepadatan tulang dan darah

FAO sebagai lembaga pangan dunia menetapkan bahwa kandungan kalsium dalam buah naga berukuran kecil mampu memenuhi 1% kebutuhan tubuh harian. Sedangkan kandungan zat besi dalam buah naga dapat mencukupi 8% kebutuhan harian.

Zat besi nyatanya dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen melalui darah ke seluruh tubuh. Begitu pula kalsium yang dimanfaatkan menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah rapuh dan menderita sakit osteoporosis.

Di samping itu, kalsium pun berkhasiat membantu transmisi syaraf serta fungsi otot. Pada penyerapan zat besi, vitamin C lah yang berperan aktif guna memaksimalkan penyerapan mineral tersebut.

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalam buah naga sudah barang tentu dapat menjalankan fungsinya dalam penyerapan zat besi semacam ini. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan terburuk yang mugnkin dialami oleh tubuh.

8. Menghindarkan dari penyakit kanker

Siapa yang ingin menderita penyakit berbahaya dan mematikan satu ini? Pastinya tak ada satu orang pun yang ingin mengalami atau terdiagnosa menderita kanker, apapun jenisnya.

Hasil penelitian membuktikan bahwa buah naga dapat membantu Anda mencegah bahaya kanker di dalam tubuh.

Mengingat manfaat buah naga sendiri yang sangat kaya akan antioksidan phytoalbumin yang bekerja menangkal pembentukan radikal bebas di dalam tubuh.

Tak hanya itu, adanya kandungan vitamin B2, C, fosfor, kalsium dan serat yang sangat tinggi tentulah sangat menguntungkan.

Logam yang menjadi penyebab kanker pun dapat dikeluarkan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi secara rutin buah naga. Bisa dibilang buah naga berkhasiat dalam proses detoksifikasi dan anti toksin yang sangat efektif.

Tak perlu mahal, cukup konsisten dalam mengkonsumsinya, Anda akan hidup sehat selalu.

9. Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi atau anak.

Balita usia bayi 6, 7, 8, 9, maupun 10 bulan merupakan fase awal yang sangat krusial mulai memberikan asupan/makanan tambahan. Begitu pula tidak kalah pentingnya untuk anak umur lebih dari 1 dan 2 thn (tahun).

Anti Oxidant. Manfaat buah naga yang mengandun anti – oxidant phenols ini membantu melindungi membran sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Potasium. Fungsi kandungan zat mineral dalam buah naga warna merah atau putih ini membantu pertumbuhan kepadatan keuatan tulang bayi dan anak anda. Selain itu juga mencegah kecenderungan gejala arthritis.

Vitamin C. Buah naga juga mengandung vit C yang cukup tinggi. Khasiatnya adalah untuk pertumbuhan tulang gigi dan otot. Juga memiliki kegunaan dalam pembentukan pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak anda.

Serat. Kayanya kandungan nutrisi serat dalam buah naga berwarna merah atau putih ini akan membuat sistem pencernaan anda senantiasa sehat serta membantu memperoleh berat badan yang sehat. Tidak kalah penting pula bermanfaat dalam menstabilkan gula darah.

Detoksifikasi. Kelebihan buah naga lainnya adalah membantu buah hati anda dalam menyingkirkan segala jenis racun di ginjal. Ginjal yang sehat dari bersih akan menjaga saluran kencing kemih selalu sehat.

10. Bagus bagi kesehatan lambung

Buah naga yang fantastis ini kaya akan serat yang berfungsi dalam membantu mengatur pencernaan dalam perut atau lambung, mencegah semebelit atau buang air besar (bab) dan juga menghindarkan dari gejala penyakit diare.

11. Manfaat buah naga untuk asam urat

Khasiat buah naga merah, dalam hal ini memberikan peranan dalam membantu tubuh melepaskan asam urat, yang sangat membantu meringankan penderita gout/rematik/asam urat.

12. Meningkatkan kesuburan pria

Buah naga merah kaya akan vitamin E. Jika dikonsumsi secara rutin, akan meningkatkan produksi sperma lelaki dimana akan meningkatkan vitalitas laki – laki sehingga keharmonisan hubungan dengan istri akan selalu terjaga.

13. Bagus untuk ibu menyusui

Karena mengandung cukup vit C, asam lemak dan fosfor buah naga merah ini membantu meningkatkan kualitas susu yang di produksi. Air susu ibu yang berkualitas tinggi akan membantu pertumbuhan buah hati lebih sempurna lagi.

14. Sebagai cemilan sehat sehari – hari.

Seluruh anggota keluarga bisa menikmati buah naga merah ini dengan cara dimakan langsung, atau akan lebih segar jika dimasukkan ke dalam kulkas pendingin terlebih dahulu. Atau bisa dikombinasikan dengan buah mangga atau alpukat untuk di jadikan juice yang segar dan nikmat.

Khasiat buah naga untuk kecantikan

Selain dapat meningkatkan kualitas hidup yang sehat, ternyata buah naga juga memiliki keuntungan dan kelebihan untuk merawat kecantikan para gadis dan wanita. Karena mudah didapatkan dari sekitar kita, buah naga merah ini layak untuk dilirik

1. Mencegah anti penuaan dini

Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah naga merah, Anda dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Sehingga kulit pun terlihat jauh lebih awet muda dan mampu meremajakan sel – sel kulit yang telah mati.

Misalnya, untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas asap kendaraan bermotor, Anda bisa membuat masker wajah dengan bahan dasar buah naga merah yang di kombinasikan dengan yoghurt. Pemakain masker buah naga secara rutin akan memberikan khasiat yang maksimal.

2. Melawan jerawat yang membandel

Khasiat buah naga merah yang banyak mengandung vitamin C, dapat di manfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Cara mengolahnya sederhana, cukup oleskan daging buah naga merah yang sudah dihaluskan pada jerawat.

3. Meringankan kulit yang terbakar sinar matahari

Berjemur di pantai sangat menyenangkan. Tetapi setelahnya menjadi menjengkelkan karena kulit menjadi terbakar. Apalagi bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitif, pastinya akan lebih tersiksa. Oleskan buah naga merah ini pada kulit yang terbakar supaya kulit anda kembali nyaman.

4. Merawat rambut yang diwarnai

Banyak wanita modern yang mewarnai rambut untuk menjadikannya lebih indah. Tidak dipungkiri lagi, perawatan ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup jaman now. Akan tetapi, jika sering mengganti warna rambut akan membuat rambut menjadi rusak atau rapuh.

Untuk menjaga kesehatan rambut yang diberi warna, lakukan perawatan rutin dengan cara mengoleskan jus buah naga merah yang di blender tanpa air. Diamkan sekitar 20 – 30 menit, lalu bilaslah dengan sampo yang lembut.

5. Sebagai pelembab kulit yang kering

Tingginya kadar kandungan air hingga 90% dalam buah naga ini, juga berkhasiat memberikan fungsi hidrasi pada kulit kering. Jika cuaca sedang panas, mengkonsumsi buah naga merah ini akan membantu kulit anda senantiasa lembab dan tidak kering.

Efek samping buah naga merah

Walaupun mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan kecantikan, buah naga merah juga memiliki dampak negatif (kekurangan) yang perlu mendapatkan perhatian. Berikut ini beberapa efek sampingya.

1. Menyebabkan sembelit

Biji buah naga yang berwarna merah tua berukuran kecil ini cukup keras kepadatannya. Pada sebagian orang yang sensitif dapat menyebabkan susah buang air besar. Sebaiknya dimakan dalam porsi yang sewajarnya saja.

2. Hati – hati bagi penderita diabetes

Tingginya kadar fruktosa dalam buah naga merah ini bisa meningkatkan kadar gula darah. Hal ini memberikan dampak negatif terhadap orang yang mengalami diabetes. Sebaiknya menkonsumsinya dalam jumlah sedikit, sekedar memuaskan keinginan sekejap saja.

3. Air kencing dan feses berwarna merah

Bagi yang pertama kali makan buah naga merah ini, tidaklah mengejutkan kalau mereka khawatir akan efek sampingnya makan buah naga. Hal ini karena warna air seni dan kotoran buang air besar akan berwana merah.

4. Menyebabkan diare

Ada sebagian kasus mereka yang mengkonsumsi buah naga ini mengalami diare karena banyaknya kandungan air dan serat yang secara umum akan melunakakkan feses. Pada orang yang memiliki sensitifitas tinggi bisa menyebabkan diare.

Ada berapa jenis buah naga?

gambar foto warna buah naga merah kuning putih

gambar foto warna buah naga merah, kuning, putih & ungu

Khalayak pada umumnya mengetahui jika buah naga identik dengan warna merah untuk kulit luar dan isi dagingnya. Ternyata ada varitas lain dari buah ini berdasarkan warna kulit dan isi dagingnya.

  • Buah naga berkulit merah tua (red) dengan isi daging berwarna merah tua cenderung warna ungu.
  • Buah naga berkulit pink merah muda dengan isi daging berwarna pink merah muda juga.
  • Buah naga berkulit kuning (yellow) dengan is daging berwarna putih menyerupai warna susu.
  • Buah naga berkulit merah tua atau pink dengan daging warna putih.

Walaupun terdapat banyak variasi dari buah naga ini, tidak ada perbedaan yang signifikan untuk manfaat dan khasiatnya. Jenis apapun yang ada disekitar anda, janganlah ragu untuk membelinya.