Dibalik Segudang Manfaat Buah Pepaya, Ternyata Bisa Merugikan Juga

Indonesia adalah salah satu negara dengan iklim tropis, iklim ini menyebabkan banyak sekali flora dan fauna yang ada di Indonesia. Hal ini menjadikan indonesia manjadi kaya akan sumber daya.

manfaat pepaya untuk kesehatan

Salah satu sumber daya yang tidak dimiliki oleh begara negara yang memiliki iklim yang lain adalah buah tropis seperti semangka, durian dan juga pepaya.

Selain memiliki air yang banyak khas buah tropis, buah buah tersebut memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia, terutama buah pepaya.

Buah pepaya memiliki banyak kandungan mineral, kalium, serat, flavanoid, kalsium, serta karotenoid.

Kandungan kandungan yang ada dalam buah perpaya menyebabkan manfaat pepaya sangat banyak  terutama untuk para penderita penyakit jantung dan juga mereka yang memiliki potensi penyakit kanker.

Kandungan dalam Buah Pepaya

Buah pepaya meruapkan buah yang memiliki banyak manfaat, hal ini juga disebabkan karena pepaya memiliki banyak kandungan yang diperlukan tubuh.

Kandungan kandungan pepaya yang bermanfaat untuk tubuh antara lain adalah sebagai berikut:

1. Melancarkan pencernaan protein

Buah buahan dan juga sayuran adalah sumber makanan yang mengandung banyak serat. Serat ini selain baik untuk menunda lapar juga sangat baik untuk pencernaan.

Untuk buah pepaya, manfaatnya untuk melancarkan pencernaan berfokus pada pencernaan protein.

2. Kandungan protein

Selain serat pepaya juga memiliki kandungan protein, meskipun protein yang ada dalam pepaya hanya berkisar 5 gram dari 1 kilogram buah pepaya hal ini efektif karena protein dalam buah pepaya dapat diserap secara maksimal oleh tubuh.

3. Vitamin A

Vitamin adalah hal yang memang sudah wajib dimiliki oleh buah, termasuk dengan pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan mata kita.

4. Mengandung Banyak Air

Buah tropis memang buah buahan yang terkenal dapat menyimpan air pada musim penghujan di dalam buahnya, keberadaan air pada buah pepaya ini dapat menhindarkan kita dari dehidrasi.

Apalagi jika kita sedang tersesat dihutam cara paling aman untuk menghindari dehidrasi adalah dengan menkonsumsi buah pepaya jika kita kekurangan persediaan air.

5. Vitamin C

Seperti vitamin A, vitamin C juga di kandung dalam buah pepaya.

Vitamin C akan menghindarkan kita dari banyak penyakit seperti penyakit flu dan demam apalagi jika sedang berada pada cuaca yang ekstrim, pemilihan konsumsi buah merupakan hal yang penting.

6. Kalium

Pepaya memiliki kandungan kalium yang tinggi. kalium merupakan salah satu senyawa dan unsur yang diperlukan tubuh untuk menjaga tekanan darah agar tidak menyebabkan kerusakan jantung.

7. Betakaroten

Salah satu kandungan dari buah pepaya adalah betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh kita.

8. Antioksidan

Jika kita mengkonsumsi banyak buah buahan terutama buah papaya maka akan kita akan mendapatkan banyak manfaat terutama untuk mendapatkan antioksidan.

Aktioksidan merupakan cara ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker dan juga penuaan dini pada kulit

9. Papain

Papain adalah salah satu zat yang dikandung oleh buah pepaya. Papain adalah salah satu zat yang berkerja secara aktif untuk memperbaiki sel sel kulit dan juga berperan secara aktif sebagai zat anti peradangan.

Selain mengandung papain, buah pepaya juga mengandung chymopapain yang membantu proses penyembuhan luka dan peradangan.

Banyak penyakit yang biasa disembuhkan dengan menggunakan papain dan chymopapain ini yaitu penyakit psoriasis, luka bakar dan banyak penyakit yang lainnya.

10. Flavanoid

Salah satu buah yang di kandung oleh buah pepaya adalah flavanoid.

Flavanoid merupakan senyawa yang biasanya diperoleh dari buah kokoa.

Senyawa ini baik untuk para penderita stroke dan juga penyakit jantung karena ini membantu tubuh dalam memperbaiki kerja jantung dan memberbaiki aliran pembuluh darah.

Selain itu kandungan flavanoid juga memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Buah pepaya meruapkan buah kontroversial jika di hubungkan dengan kehamilan.

Ada beberapa sumber yang menyatakan konsumsi pepaya untuk ibu hamil tapi ada juga yang tidak sependapat dan menyatakan konsumsi buah pepaya oleh ibu hamil itu diperbolehkan asal tidak terlalu banyak.

Sebetulnya buah pepaya memiliki kandungan kandungan yang baik jika dihubungkan dengan ibu hamil. Salah satunya adalah jumlah air yang dikandung oleh pepaya.

Ibu hamil berada pada kondisi dimana ia sedang banyak mengeluarkan cairan tubuh sehingga ketika mengkonsumsi buah pepaya ia akan mendapatkan banyak asupan air untuk tubuh dan terhindar dari dehidrasi.

Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah pepaya juga baik untuk perkembangan janin dan juga untuk menjaga vitalitas ibu hamil agar tidak mudah jatuh sakit.

Ketika seorang wanita sedang hamil ia juga akan mengalami fluktuasi emosi yang ekstrim karena pengaruh hormonnya.

Dengan adanya kalium dalam pepaya yang tinggi sebetulnya dapat menjaga tekanan darah ibu hamil agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit

Jerawat merupakan hal yang paling di benci oleh para wanita, jika anda sudah muak dengan jerawat anda. anda bisa mencoba menggunakan perawatan dengan buah pepaya.

Buah pepaya selain memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit salah satunya adalah dengan mengusir jerawat.

Kandungan papain pada buah pepaya dapat bekerja secara aktif untuk mengusir dan membubuh bakteri yang hidup di pori pori wajah.

Selain untuk mengusir bakteri penyebab jerawa menggunakan pepaya sebagai masker dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kesegaran wajah anda.

Cara membuat masker pepaya ini sangatlah mudah. anda hanya perlu melumatkan buah pepaya yang sudah matang kemudian mencampurkannya dengan madu secukupnya.

Setelah itu anda hanya perlu mengoleskan pasta tersebut ke wajah dan menunggunya hingga sekitar 20 menit. Jika sudah 20 menit anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat.

Buah Pepaya Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Meskipun manfaat pepaya sangat banyak akan tetapi konsumsi buah pepaya sebetulnya tidak dianjurkan pada kondisi tertentu salah satunya adalah ketika wanita sedang hamil.

Meskipun kandungannya baik untuk wanita yang sedang hamil buah pepaya juga mengandung kandungan lain yang menyebabkannya agak dihindari oleh wanita hamil.

Buah pepaya yang belum matang mengandung getah yang mengandung pepsins yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh wanita hamil.

Hal ini juga bisa menyebabkan kontraksi dini yang berakibat keguguran pada wanita yang sedang mengalami kehamilan di masa masa awalnya.

Meskipun kandungan buah pepaya ini baik untuk mereka yang sedang hamil seperti memperlancar pencernaan protein pada wanita hamil akan tetapi konsumsi buah pepaya untuk wanita hamil sebaiknya dibatasi.

Sebelum memakannya pastikan juga bahwa buah pepaya tersebut benar benar matang sehingga jumlah getahnya juga sedikit.