Coklat Disukai Siapa Saja. Inilah Segudang Manfaatnya Yang Perlu Diketahui.

Coklat bagi masyarakat suku Aztec dan Maya dahulunya merupakan makanan para dewa yang diberikan kepada mereka. Saat itu mereka lebih sering mengolah coklat menjadi minuman yang bercita rasa pahit.

manfaat coklat bagi kesehatan

Kemudian baru ketika coklat tersebut dibawa ke Spanyol dan diolah masyarakat sana yang lalu menambahkan gula sehingga coklat rasanya lebih enak untuk dinikmati.

Coklat sendiri merupakan bahan makanan yang tidak mudah basi karena mempunyai kandungan polifenol sekitar 6% yang mencegah coklat dari kebasian.

Saat ini banyak sekali produk olahan dari coklat yang ditemukan dipasaran. Coklat atau kakao memang menjadi salah satu bahan kuliner modern yang bisa diolah menjadi makanan atau minuman yang lezat.

Tidak hanya lezat namun coklat juga memiliki banyak khasiat yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga untuk perawatan kecantikan. Coklat mengandung beberapa zat yang berguna bagi tubuh seperti :

  • 31% Lemak
  • 14% Karbohidrat
  • 9% Protein (tyrosis, asam amino triptofan dan fenilalanin)
  • alkaniod (yang memberi rasa pahit pada coklat)

Senyawa flavonoid yang terdapat didalam coklat  dipercaya dapat berpengaruh pada kerja sistem tubuh. Selain itu coklat memiliki kemampuan dalam menangkap radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Mungkin ada beberapa anggapan bahwa coklat adalah makanan yang tidak sehat dan bisa membuat tubuh gemuk, namun hal tersebut tentu salah.

Yang terpenting adalah tidak mengkonsumsi coklat secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Khasiat Coklat Bagi Tubuh Manusia

Mengkonsumsi coklat dalam kadar tertentu malah akan menjadi khasiat tersendiri bagi tubuh. Berikut ini adalah 17 manfaat coklat yaitu :

1. Mempengaruhi sirkulasi darah

Seperti yang telah diungkapkan bahwa coklat mengandung senyawa flavonoid yang berguna bagi sistem tubuh.

Senyawa ini jugalah yang mengatur serta dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan cara memperlebar pembuluh darah didalam otak. Senyawa flavonoid ini juga merupakan antioksidan alami yang berguna perlindungan bagi tubuh.

2. Obat hipertensi

Masih merupakan peran dari senyawa flavonoid bagi tubuh. Ternyata manfaat coklat juga bisa sebagai salah satu obat alami tekanan darah tinggi.

Dengan memproduksi oksida nitrat, coklat menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus berperan sebagai penyeimbang hormon dalam tubuh.

3. Meningkatkan produksi insulin

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang mampu memproduksi insulin secara alami. Dengan memakan coklat maka insulin alami tersebut akan terbentuk sehingga efeknya bisa menghindarkan dari penyakit diabetes.

Dari coklat pula tubuh bisa mendapat energi untuk  melakukan berbagai aktivitas.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung

Coklat hitam menurut penelitian bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Manfaat coklat mampu menghambat pembekuan trombosit dalam darah, sedangkan pembekuan trombosit sendiri dapat menyebabkan serangan jantung.

Selain itu coklat mengandung bahan alami seperti mineral magnesium yang  membantu sistem kardiovaskular berjalan lancar.

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat coklat lainnya bagi kesehatan tubuh adalah kandungan alaminya yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL).

Kandungan stearat dalam coklat membuat lemak pada coklat tidak akan memicu kolesterol karena stearat merupakan asam lemak netral. Dengan menurunnya kolesterol jahat bisa mengurangi pula resiko penyakit jantung atau gejala stroke.

6. Obat diare

Pernah terkena penyakit diare dan disarankan untuk makan coklat ? Ketika terkena diare maka terjadi gangguan pada protein yang berperan mengatur sekresi cairan dalam usus.

Nah, kandungan flavonoid dalam coklat inilah yang berfungsi mengikat protein tersebut sehingga dapat menghentikan diare

7. Menurunkan berat badan

Ada opini dalam masyarakat jika coklat adalah penyebab dari tubuh gemuk, namun sebenarnya hal itu salah. Justru bagi mereka yang sedang menjalankan program diet disarankan untuk mengkonsumsi coklat.

terutama coklat hitam yang akan memberikan sensasi kenyang setelah mengkonsumsinya. Selain itu coklat ini juga mengandung serat seperti halnya roti dan gandum.

8. Mencegah kanker

Khasiat yang tidak terduga lainnya dari coklat adalah dapat menghambat timbulnya kanker.

Antioksidan didalam coklat dapat menghambat pertumbuhan kanker dengan memproduski protein tertentu yang mematikan bagian-bagian yang menghasilkan sel kanker.

Cara mematikan protein tersebut dengan menghambat pembelahan sel kanker serta mengurangi peradangan.

9. Mencegah kerusakan gigi

Satu lagi persepsi yang agak keliru dalam masyarakat karena biasanya coklat dianggap merupakan biang dari penyakit gigi.

Namun dalam coklat terdapat kandungan theobromine yang justru mampu menghilangkan bakteri streptokokus mutans. Bakteri jahat yang terdapat dirongga mulut inilah yang sebenarnya menjadi penyebab kerusakan gigi.

10. Meningkatkan kerja otak

Otak yang sehat adalah yang mampu mengontrol semua sistem kerja tubuh dengan baik. Coklat adalah salah satu makanan yang mampu membuat kerja sistem otak meningkat.

Manfaat coklat dipercaya bisa melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan ketika terkena serangan stroke. Terutama coklat hitam yang menurut penelitian mampu meningkatkan memori otak manusia.

11. Obat anti depresi

Coklat memiliki kandungan serotonin yang merupakan anti depresi alami. Dengan memakan beberapa batang coklat mampu membuat syaraf-syaraf di otak lebih rileks.

Serta memberi ketenangan tersendiri dari rasa manis coklat yang khas. Coklat juga mengandung senyawa anadamide yang bisa mengaktifkan reseptor otak sehingga dapat menimbulkan perasaan bahagia.

Mengkonsumsi coklat hitam dipercaya mampu mengurangi efek stress yang ditimbulkan  lingkungan

12. Menyehatkan mata

Ingin memiliki mata yang sehat ? Selain mengkonsumsi wortel cobalah untuk memakan coklat. Coklat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah menuju otak dan begitu juga dengan aliran darah yang menuju retina mata.

Penelitian membuktikan bahwa dengan makan coklat hitam bisa lebih membuat penglihatan mata menjadi tajam dan meningkatkan kemampuan mata melihat dalam situasi yang kurang bagus seperti ketika cuaca buruk.

13. Menghaluskan kulit

Antioksidan dalam coklat memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan kulit. Flavonoid dalam coklat bisa melindungi kulit dari sinar ultra violet serta dapat menjaga kelembapan kulit.

Selain itu coklat juga mampu meremajakan kulit dan menjaga elstisitas kulit sehingga tidak ada kulit mati yang menumpuk atau bintik-bintik hitam yang membuat kulit menjadi kasar.

Saat ini banyak treatment kecantikan yang menggunakan coklat sebagai bahan lulur atau untuk mandi coklat.

14. Menghambat penuaan

Khasiat lain dari coklat adalah mampu menghambat tanda-tanda penuaan. Anti aging pada coklat membuat kekencangan kulit terjaga. Selain itu anti oksidan alaminya menghambat kerutan atau garis-garis penuaan yang biasa muncul.

Coklat juga mampu memporduksi sel-sel baru kulit sehingga kult terlihat segar dan awet muda

15. Memperbaiki mood

Untuk mengubah mood yang buruk bisa dengan memakan beberapa batang coklat.

Manfaat coklat ini karena memiliki kandungan phenylethylamine yang dapat meningkatkan penyerapan triptofan ke dalam otak dan kemudian menghasilkan dopamine.

Hormon dopamine inilah yang memberikan efek perasaan bahagia sehingga bisa mengubah mood menjadi lebih baik. Phenylethylamine juga merupakan hormone yang berpengaruh ketika orang sedang jatuh cinta.

16. Mencegah penggelapan kulit

Paparan sinar matahari atau efek dari obat tertentu bisa membuat kulit menjadi lebih gelap daripada aslinya.

Dengan mengkonsumsi coklat dapat mencegah penggelapan tersebut karena antioksidan dan flavonoid membuat kulit terlindungi dari sinar UV matahari dan menghilangkan kulit mati yang bisa mengakibatkan kekusaman pada kulit.

17. Memperpanjang usia

Penelitian membuktikan bahwa orang yang sering mengkonsumsi coklat, baik coklat putih atau hitam, lebih memiliki potensi untuk berumur panjang ketimbang yang tidak mengkonsumsinya.

Hal ini disebabkan karena kandungan coklat yang kaya gizi bisa membuat tubuh lebih sehat sehingga dapat mengurangi penyakit dan juga efek ketenangan pada otak yang membuat terhindar dari rasa stres.