Ketahui Penggunaan dan Manfaat Daun Kelor Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Ada pepatah mengatakan, “dunia tidak selebar daun kelor” keberadaan pepatah ini menjadikan daun kelor menjadi salah satu daun yang dikenal oleh banyak orang.

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Akan tetapi kepopulerannya tidak hanya sekedar berdasarkan pada pepatah tersebut. Ternyata daun kelor memiliki kepopuleran sebagai sayuran yang bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Kepopuleran daun kelor sebagai sayuran yang berkhasiat ini ijuga sudah dikenal sampai ke luar negeri bahkan kehebatannya sudah dibuktikan lewat beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti hingga ke mancanegara.

Khasiat Daun Kelor Yang Diketahui

Kehebatan dari daun kelor ini berasal dari kandungan daun kelor sendiri yang memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi sehingga mampu membantu kesehatan tubuh.

Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga tanaman ini menjadi salah satu tanaman selebriti di kalangan tanaman herbal.

Ada banyak sekali manfaat dari daun kelor yang berhubungan dengan kesehatan yang diulas didalam artikel ini.

1. Untuk kesehatan kulit

Vitamin C dan juga antioksidan merupakan dua buah senyawa yang dianggap sebagai duo maut dalam dunia perawatan kulit. Kedua zat tersebut dapat kita temukan dalam daun kelor dalam jumlah yang tinggi.

Penggunaan daun kelor untuk perawatan kulit tentu saja menjadi pilihan banyak orang. Vitamin C akan menjaga kesehatan kulit dan mampu menyebabkan kulit menjadi lebih bersinar dan juga putih.

Sedangkan antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang merupakan faktor utama terjadinya penuaan dini dan juga kerusakan kulit seperti kanker kulit.

Jika menggunakan daun kelor sebagai masker secara rutin akan memberikan efek berupa mencegah jerawat muncul dan juga dapat menghaluskan kulit anda.

Pembuatan masker ini tidaklah sulit, anda cukup menghaluskan daun kelor tersebut kemudian tinggal di ratakan pada wajah.

2. Untuk mencegah penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang bisa terjadi karena 2 hal yaitu secara genetik dan juga karena gaya hidup yang kurang sehat. Diabetes yang disebabkan oleh genetik biasanya terjadi karena kelainan tubuh untuk memetabolisme gula darah.

Sedangkan diabetes yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat dapat terjadi jika pola makan yang tidak teratur dan juga konsumsi gula yang berlebihan.

Gaya hidup yang tidak sehat ini juga bisa menyebabkan sel beta pada pankreas rusak. Padahal sel beta pada pankreas inialah yang bertugas untuk membentuk insulin yang membantu penyimpanan glukosa dalam tubuh.

Sehingga jika sel beta rusak maka insulin akan tidak diproduksi dan kemudian menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Hal ini dapat menyebabkan diabetes.

Daun kelor juga dapat berfungsi sebagai insulin dalam darah. Dengan mengkonsumsi daun kelor dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah sehingga resiko penyakit diabetes atau penyakit gula dapat diminimalisir.

3. Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Jika anda memiliki masalah dengan penglihatan anda cara yang paling tepat adalah mengenakan kacamata serta mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang banyak.

Salah satu makanan yang mengandung kaya vitamin A adalah daun kelor. daun kelor seperti yang telah dibahas sebelumnya adalah salah satu jenis sayur yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi.

Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat menjaga kesehatan mata anda. Selain itu daun kelor juga dapat menyembuhkan penyakit mata.

Caranya sangat mudah anda bisa mengkonsumsi daun kelor secara langsung dan dapat juga menggunakan air rebusan daun kelor untuk membasuh mata agar penyakit mata anda dapat sembuh.

4. Daun Kelor dapat Mencegah Terkena Kanker

Salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi tubuh manusia serta paling ditakuti adalah penyakit kanker.

Penyakit kanker disebabkan oleh adanya sel sel tubuh yang berperilaku tidak normal yang kemudian menyebabkan munculnya kanker. Salah satu penyebab kanker adalah adanya radikal bebas.

Radikal bebas hanya bisa ditangkal dengan menggunakan antioksidan.Daun kelor memberikan anda jaminan antioksudan yang tinggi.

Selain itu daun kelor juga mengandung potasium yang akan membantu anda melawan radikal bebas yang saat ini merupakan ancaman utama penyebab kanker.

5. Untuk Mengobati Penyakit Rematik

Rematik adalah sebuah penyakit yang identik dengan orang yang sudah tua, anggapan ini sebetulnya tidak benar. Rematik merupakan sebuah penyakit yang bisa menyerang siapa saja.

Penyakit rematik disebabkan karena banyak faktor bisa karena genetik bisa juga disebabkan karena adanya infeksi hormon. Meskipun penyebabnya tidak jelas akan tetapi penyembuhan penyakit rematik bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Daun kelor dapat menjadi salah satu solusi dari penyakit rematik, meskipun tidak sembuh secara langsung akan tetapi mengkonsumsi daun kelor dapat mengurangi rasa sakit akibat penyakit rematik.

Cara Megolah Daun Kelor Untuk Berbagai Keperluan

Daun kelor memang memiliki banyak khasiat seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk mengkonsumsi daun kelor anda dapat melakukannya dengan cara dimasak seperti sayur biasa atau digunakan sebagai pendamping makanan utama kita.

Akan tetapi terkadang jika untuk masalah pengobatan penggunaan daun kelor dapat berbeda berikut merupakan ulasannya

1. Penggunaan Daun kelor untuk kulit.

Daun kelor dapat digunakan untuk perawatan kulit dan juga untuk penyembuhan penyakit kulit. Untuk perawatan kulit yang berjerawat anda hanya perlu membuat daun kelor sebagai masker biasa.

Jangan lupa sebelum membuatnya menjadi masker berbentuk pasta halus terlebih dahulu anda harus membersihkannya dengan air mengalir.

Setelah dibersihkan barulah ditumbuk supaya menjadi bubur untuk masker kemudian anda tinggal meratakannya pada wajah. Namun sebelum diratakan ke waja, terlebih dahuu wajah dibersihkan dengan air hangat.

Setelah di ratakan tunggu hingga masker mengering dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

Jika anda rutin melakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur malam anda akan mendapatkan kulit sehat dan halus yang bebas dari jerawat dan juga segar.

Jika daun kelor digunakan untuk pengobatan pada penyakit kulit seperti panu dan kurap anda juga bisa melakukan tips diatas dan digunakan sebagai obat luar saja

2. Daun kelor untuk pengobatan diabetes mellitus

Manfaat daun kelor untuk pengobatan diabetes mellitus dapat dilakukan dengan sejumlah merebus daun kelor dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus terus hingga air rebusan hanya bersisa sekitar ½ gelas kecil.

Setelah tiriskan daun kelor yang ada di dalamnya kemudian minum air rebusan tersebut. lakukan ini sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Daun kelor untuk kesehatan mata

Jika anda sedang mengalami sakit mata maka pengobatan menggunakan daun kelor dapat dilakukan dengan menumbuk daun kelor sampai halus kemudian mencampurkan air matang ke dalam tumbukan tersebut.

Biarkan campuran itu beberapa saat kemudan tunggu hingga daun kelor halus mengendap.

Kemudian masukkan cairan hasil pemisahan air dan daun kelor tersebut ke dalam botol tetes mata kemudian gunakan air tersebut sebagai tetes mata untuk mendapatkan manfaat daun kelor untuk menyembuhkan penyakit mata anda.