Inilah Lima Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat daun salam bagi kehidupan manusia cukup banya. Bagi ibu-ibu rumah tangga atau mereka yang hobi memasak, daun salam pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka.

manfaat daun salam dan khasiatnya

Pasalnya, daun salam bisa dicampurkan pada bumbu masakan tertentu agar rasanya semakin sedap dan menggugah selera. Selain sebagai bahan masakan, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Bahkan, beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan memakai atau mengkonsumsi daun salam yang sudah dijadikan sebuah ramuan tertentu. Bagian tanaman herbal yang satu ini memang sudah dibuktikan keampuhan khasiatnya dari orang-orang zaman dulu.

Hal itu dikarenakan pada zaman dulu hanya memanfaatkan tanaman yang ada di sekitarnya untuk mengobati penyakit tertentu.

Meskipun, mereka belum mengetahui apa sebenarnya bahan yang terkandung pada bagian tanaman yang dikonsumsi tersebut. Begitu juga pada daun salam yang mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh manusia.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa kandungan herbal atau alami yang terdapat pada daun salam. Kandungan herbal tersebut bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Minyak esensial di daun salam mengandung eugenol dan metil kevikol. Sementara itu, ekstrak dari etanol yang terdapat pada daun salam berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Selain itu, ekstrak metanolnya berkhasiat sebagai anti cacing. Kandungan kimiawi di daun salam lainnya, seperti flavonoida, tanin, dan minyak atsiri.

Lalu apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol dan gula di dalam tubuh

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol dan gula di darahnya, tentu saja akan menyebabkan beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, Anda yang beresiko memiliki riwayat penyakit kolesterol maupun diabetes, sudah seharusnya melakukan langkah-langkah antisipatif agar kada kolesterol dan gula darah terus stabil.

Salah satu caranya, yaitu dengan mengkonsumsi ramuan berbahan dasar daun salam.

Cara pembuatan ramuannya cukup mudah. Anda sediakan terlebih dulu 10 – 15 lembar daun salam yang masih segar. Bersihkan dengan air, lalu rebus hingga mendidih.

Angkat dan saring untuk menunggu hingga mendingin. Minum ramuan daun salam tersebut pada malam hari secara teratur untuk menstabilkan kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh Anda.

2. Mengobati penyakit kencing manis

Manfaat daun salam berikutnya, yaitu mencegah sekaligus mengobati penyakit kencing manis. Kencing manis merupakan penyakit turunan dari kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh manusia.

Jadi, penyakit ini bisa dijadikan sebagai patokan seseorang yang memiliki gula darah stabil atau tidak. Disebut kencing manis karena memang dalam urine atau air kencingnya mengandung gula yang cukup banyak.

Bahkan saat buang air kecil di toilet, tidak menutup kemungkinan semut-semut akan mengerumuninya karena rasanya yang manis.

Orang yang menderita kencing manis akan merasakan sakit di bagian alat kelaminnya saat buang air kecil. Oleh karena itu, harus segera disembuhkan agar penyakit ini tidak sampai menimbulkan luka pada bagian dalam alat kelamin.

Anda bisa memanfaatkan daun salam yang bisa didapatkan dengan mudah. Anda cukup menyiapkan 7 – 15 daun salam lalu merebusnya dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih. Setelah dingin, saring rebusan daun salam tersebut.

Ramuan ini silakan diminum dua kali sehari sebelum makan pagi maupun makan sore atau malam. Konsumsilah secara teratur sehingga gejala kencing manis sekaligus kadar gula darah lebih stabil.

3. Mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok masyarakat Indonesia. Anda yang kurang bisa menjaga pola makan sehat sehat sehari-hari, pasti akan menderita penyakit ini.

Ditambah dengan rutinitas dalam keseharian yang menyita waktu hingga kurang istirahat dan berolahraga. Semua itu yang menjadikan tubuh manusia sangat rapuh untuk menderita penyakit tertentu, seperti halnya hipertensi.

Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang banyak dijual bebas di pasaran saat ini. Bukan tidak mungkin obat-obatan tersebut mengandung bahan-bahan kimiawi yang malahan berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda secara umum.

Anda cukup memanfaatkan bagian tanaman herbal, yaitu daun salam untuk menurunkan hipertensi.

Anda pun bisa membuat ramuan dari daun salam sendiri di rumah. Sediakan terlebih dulu 7 – 10 lembar daun salam yang masih segar, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih.

Setelah dingin, saring kemudian minum ramuannya 2 kali sehari. Minumlah rutin setiap hari agar manfaat daun salam benar-benar bisa Anda rasakan.

4. Mengobati penyakit maag akut

Manfaat daun salam lainnya di bidang kesehatan, yaitu menyembuhkan penyakit maag. Sebuah penyakit yang menyerang bagian organ lambung manusia disebabkan oleh meningkatnya produksi asam lambung.

Hal itu akan menyebabkan di bagian lambung menjadi kembung, nyeri, dan pedih. Anda yang memiliki riwayat penyakit maag pasti pernah merasakan bagaimana sakitnya di bagian perut di sebelah kanan atau kiri saat gejala maag menyerang.

Bahkan, beberapa orang yang menderita penyakit maag akut hingga muntah-muntah dan pingsan karena tidak bisa menahan sakit yang dirasakannya.

Anda yang hingga saat ini menderita penyakit maag, tidak perlu risau dan khawatir. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan daun salam untuk mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit maag akut.

Anda cukup menyiapkan 15 – 20 lembar daun salam yang masih segar. Selanjutnya, rebuslah daun salam tersebut dengan ¼ liter air hingga mendidih. Setelah dingin, saring rebusannya dan minum sekali sehari.

Tidak ada salahnya meminumnya setiap hari untuk menjaga kondisi lambung terhindar dari gejala penyakit maag akut.

5. Mengobati penyakit diare

Jangan pernah menyepelekan segala penyakit ringan yang menyerang tubuh, tak terkecuali diare. Penyakit ini bisa dilihat dan dirasakan gejala utamanya, yaitu feses atau kotoran yang berwujud encer dan dikeluarkan secara terus menerus, yang biasa disebut mencret.

Jika seseorang terus menerus menderita mencret tanpa ada pencegahan dan penyembuhan. Tidak menutup kemungkinan tubuhnya semakin lemah karena cairan tubuhnya sedikit demi sedikit hilang.

Selanjutnya, jika kondisinya seperti itu terus, sangat beresiko terkena dehidrasi yang dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, segera cegah jika Anda merasakan gejala penyakit diare.

Salah satu bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diare, yaitu daun salam.

Cukup mudah membuat ramuannya. Anda menyediakan terlebih dulu sekitar 15 lembar daun salam yang masih segar. Rebuslah dengan dua gelas air hingga mendidih.

Jangan lupa menambahkan garam untuk menyembuhkan mencret yang Anda derita. Setelah dingin, saring rebusannya dan minum sekaligus untuk menyembuhkan penyakit diare.

Bersabarlah agar kondisi tubuh berangsur pulih. Jika keesokan harinya belum sembuh, silakan mengulang dengan membuat dan mengkonsumsi ramuan daun salam ini.

Perlu Anda ingat bahwa kesehatan adalah yang harus diprioritaskan. Oleh karena itu, jika Anda merasa ada yang aneh atau mengganggu kesehatan segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun demikian, silakan membuktikan sendiri manfaat daun salam.