Kegunaan & Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Serta Efek Samping Yang Perlu Diperhatikan

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan daun yang satu ini.  Terlebih nenek-nenek yang masih memiliki kebiasaan menyirih dan makan buah pinang.

manfaat dan khasiat daun sirih bagi kesehatan

Kehadiran daun siri menjadi keasikan tersendiri untuk sekedar menyesap rasa pahit nan langu dari daun satu ini. Meskipun begitu, masih banyak saja orang yang mengkonsumsinya serta memanfaatkannya demi alasan kesehatan.

Nyatanya hal tersebut tidak salah, karena ada beragam manfaat daun sirih yang dijelaskan oleh badan kesehatan.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang terkandung dalam daun sirih, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Bahkan beberapa diantaranya sangat efektif untuk para wanita yang menginginkan organ intim kesat.

Bisa dibilang daun sirih menjadi senjata tersendiri untuk bagian tubuh tersembunyi pada setiap wanita. Tentu saja tanpa ada tambahan zat kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi kadar pH atau keasaman organ vagina (kewanitaan) para kaum hawa.

Dalam beberapa pengobatan tradisional, seringkali daun sirih digunakan untuk sekedar zat antiseptik. Hal ini terbukti mampu membunuh kuman yang terdapat dalam beberapa bagian tubuh, bagian tersembunyi sekalipun.

Inilah mengapa manfaat daun sirih banyak digunakan dan dipakai secara turun temurun sebagai ramuan herbal. Terlebih kemasyhuran daun sirih telah dipopulerkan pula oleh beragam jurnal kesehatan yang dirilis ke tengah masyarakat.

Manfaat daun sirih Yang Perlu Anda Ketahui

Kandungan antioksidan serta antifungi yang terdapat di dalam daun sirih dapat Anda manfaatkan untuk beragam hal. Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan langsung dari daun sirih, seperti :

1. Mencegah atau mengobati mimisan

Mimisan atau perdarahan pada hidung kerap terjadi pada seseorang. Penyebabnya dapat beragam hal, mulai dari panas yang sangat terik hingga pusing yang teramat sangat.

Perdarahan yang terjadi dapat terhenti dengan menggunakan daun sirih secara langsung. Caranya cukuplah mudah, ambil satu lembar daun sirih dan lumatkan untuk mengeluarkan minyak manfaat daun sirih.

Setelah keluar, sumbatkan dajun sirih ke hidung yang meneteskan darah hingga darah yang keluar berkurang ataupun berhenti secara sempurna.

2. Mengatasi masalah jerawat

Bagi Anda yang telah putus asa mengatasi masalah jerawat di kulit wajah, cobalah beralih pada daun sirih. Gunakan daun sirih untuk membasuh ataupun dioleskan ke seluruh wajah secara merata untuk meredakan radang jerawat.

Menggunakan daun sirih sebagai obat jerawat dirasa sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Pertama-tama, sediakan sekitar 8 hingga 10 lembar daun sirih untuk digunakan sebagai obat jerawat alami.

Cuci bersih dan remas atau tumbuk secara kasar untuk menghasilkan minyak asli daun sirih. Seduh daun sirih tersebut menggunakan air hangat dan pakailah air rebusan tersebut untuk membasuh wajah.

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan daun sirih halus pada kulit wajah dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu basuhlah kulit wajah menggunakan air hangat untuk menghilangkan atau meredakan jerawat yang tengah meradang.

Lakukan cara ini 2 ataupun 3 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal mengatasi jerawat membandel.

3. Mencegah penyakit kanker

Kanker yang telah menjadi momok paling menakutkan masyarakat nyatanya kini bisa disembuhkan dengan menggunakan manfaat daun sirih. Daun sirih yang kaya akan antioksidan dapat dikonsumsi untuk mencegah serangan radikal bebas dari luar tubuh.

Tak sulit sebenarnya mencegah kanker menggunakan daun sirih, Andapun dapat melakukannya sendiri di rumah. Cukup sediakan beberapa lembar daun sirih dan rebus bersama air.

Biarkan air rebusan tersisa hingga ¼ bagian saja sebelum disaring. Anda dapat mencampurkan air rebusan daun sirih dengan madu guna menghilangkan rasa langunya.

Konsumsi air rebusan daun sirih selagi masih hangat secara rutin untuk mencegah serangan radikal bebas. Dengan begini, Anda tak perlu khawatir akan bahaya kanker yang mengintai kesehatan Anda.

Tak perlu khawatir dengan efek samping yang mungkin terjadi, karena tidak begitu membahayakan tubuh.

4. Membantu Menghilangkan bau badan

Bau badan tentu saja mengganggu penampilan sehari-hari Anda, terutama untuk wanita aktif. Produksi kelenjar keringat yang makin aktif pastinya memicu pula bau tak sedap yang hadir.

Telah banyak orang yang membuktikan khasiat daun sirih dalam menghilangkan bau badan. Dalam mengatasi bau badan sendiri, ada 2 cara yang bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah. Pertama, Anda dapat mengambil 5 lembar daun sirih dan rebus bersama 2 gelas air.

Rebus daun sirih hingga tersisa hanya 1 gelas air saja. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin guna mengatasi bau badan yang cukup membandel. Cara lainnya adalah dengan menumbuk daun sirih hingga halus kemudian menempelkan atau menggosokkannya ke ketiak.

Ini dapat dilakukan setiap hari sehabis mandi untuk menghilangkan bau badan yang diakibatkan oleh kelenjar keringat aktif. Jauh dari kata mahal yang selama ini dikaitkan orang buat tampil cantik bukan?

5. Mengatasi gatal-gatal dan koreng di kulit

Beberapa orangtua seringkali dipusingkan dengan luka atau koreng di tubuh sang anak. Bahkan ada pula orang dewasa yang terganggu dengan gatal-gatal yang ditimbulkan oleh ketidakbersihan gaya hidup.

Sebenarnya ada cara alami untuk menghilangkan gatal-gatal serta koreng yang sering menjadi masalah tersebut. Salah satunya tentu saja dengan memanfaatkan daun sirih guna menghilangkan rasa gatal serta koreng yang sangat mengganggu.

Caranya sangatlah mudah, yakni menggunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh luka ataupun mandi. Tentu saja jumlah daun sirih yang digunakan akan sangat banyak dan dipakai saat dalam kondisi masih hangat.

Selain itu, Anda bisa pula menumbuk halus daun sirih dan mengoleskannya langsung pada kulit tubuh yang terasa gatal. Lakukan secara rutin dan rasa gatal yang mengganggu secara perlahan akan hilang berkat manfaat daun sirih.

6. Sebagai Jawaban Bagi Masalah Wanita

Daun sirih sendiri sebenarnya sangatlah mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di beberapa rumah sekalipun, masih banyak orang yang menanamnya sebagai apotek hidup yang dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu.

Tak perlu lahan luas, cukup manfaatkan sisa tanah yang ada untuk menumbuhkan tanaman manjalar tersebut. Hanya saja perlu media menjalar yang dijadikan tonggak atau dasar bagi daun sirih untuk tumbuh berkembang dan dapat digunakan.

Tak hanya beberapa manfaat daun sirih di atas yang bisa Anda rasakan. Bagi para wanita, cobalah gunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan yang cukup mengganggu dengan baunya.

Keputihan yang mengindikasikan suatu macam penyakit dan dapat memicu berbagai keluhan kesehatan pada organ kewanitaan kini tidak akan ada lagi.

Pasalnya kandungan zat antifungi di dalam daun sirih diyakini mampu membunuh jamur penyebab keputihan ataupun keluhan kesehatan di organ kewanitaan lainnya.

Cukup gunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh organ kewanitaan. Bila dirasa kurang optimal, Anda dapat pula membarenginya dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih tersebut.

Lakukan secara rutin guna mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal bagi kesehatan. Rasakan perbedaan paling mendasar dari penggunaan daun sirih untuk kesehatan organ kewanitaan.