Ketahui Kandungan Alami & Beberapa Khasiat Daun Sirih Merah

Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di garis katulistiwa. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim yang tropis.

manfaat sirih merah untuk kesehatan

Selain memiliki iklim yang tropis Indonesia terletak diantara dua benua yang menjadikan flora dan fauna indonesia memiliki keanekaragaman yang luar biasa.

Salah satu bukti kenakekaragaman di Indoneia adalah banyaknya tanaman tanaman yang dapat dijadikan obat di tanah air kita. Salah satu tanaman yang berfungsi sebagai obat di Indonesia adalah tanaman daun sirih merah.

Tanaman daun sirih merah merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia. tanaman ini banyak ditanam karena memiliki banyak manfaat.

Selain memiliki manfaat dalam dunia kesehatan, daun sirih merah juga memiliki manfaat sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang indah.

Tanaman ini hidup dengan merambat sehingga tidak membutuhkan lokasi yang luas untuk hidup. Dalam dunia kesehatanpun manfaat daun sirih merah sangat banyak yaitu untuk merawat jerawat.

Selain itu daun sirih merah juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena daun sirih merah memiliki kandungan yang aktif dalam melawan penyakit tersebut.

Kandungan yang ada dalam daun sirih merah

Sebagai tanaman yang sudah dipercaya sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu, daun sirih merah mentunya memiliki banyak kandungan yang secara medis memiliki banyak khasiat.

Kandungan dari daun sirih merah antara lain:

1. Flavanoid

Flavanoid adalah sebuah senyawa yang sangat terkenal dalam dunia kesehatan keberadaannya secara umum disebut sebagai antioksidan yang sangat kuat.

Antioksidan inilah yang akan memperbaiki segala proses yang ada di dalam tubuh dan mencegah tubuh dari kerusakan sel. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk mengurangi potensi kanker di dalam tubuh manusia.

Flavanoid juga dikenal sebagai anti virus, bahkan disebut sebut dapat membunuh virus semacam virus HIV dan juga virus herpes. Sebagai antioksidan flavanoid membantu tubuh untuk mengatasi munculnya radikal bebas.

Radikal bebas adalah sebuah senyawa yang tidak stabil. Senyawa yang tidak stabil ini kemudian berusaha menstabilkan diri dengan cara mengoksidari sel sel disekitarnya sehingga menyebabkan sel sel tersebut rusak.

Radikal bebas bisa didapatkan dari luar tubuh seperti asap polusi udara dan juga dapat disebabkan karena kondisi stress.

Senyawa flavanoin ini secara tidak langsung dapat membantu tubuh untuk menangkal penyakit penyakit akibat radikal bebas seperti kanker dan tumor.

2. Alkaloid

Alkaloid merupakan zat yang banyak ditemukan di dalam tumbuhan yang sifatnya merupakan racun terhadap hama tanaman, akan tetapi alkaloid yang masuk ke tubuh memiliki sifat hipoglikemi.

Hipoglikemi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu saja merupakan suatu kabar baik untuk mereka yang mengalami diabetes.

Dengan mengkonsumsi daun sirih merah mereka akan mendapatkan Manfaat daun sirih merah yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Eugenol

Eugenol adalah kandungan pada daun sirih yang menyebabkan daun sirih merah disebut sebagai tumbuhan ajaib.

Eugenol memiliki banyak manfaat di dalam tubuh, antaralain adalah sebagai anti bakteri,anti jamur, anti inflamasi, anestesi dan juga analgesik.

Senyawa inilah yang membuat daun sirih merah memiliki banyak manfaat terutama yang berkaitan dengan kesehatan kulit.

Selain pada daun sirih merah eugenol juga bisa di dapatkan pada tumbuhan cengkeh yang banyak digunakan dalam dunia medis juga.

4. Kavikol

Kavikol adalah salah satu senyawa yang ditemukan dalam daun sirih merah. Kavikol termasuk dalam senyawa fenol seperti polifenol yang memiliki inti sebagai antioksidan.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa antioksidan memiliki fungsi untuk menghilangkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh penyebab pertumbuhan sel kanker dan juga penuaan dini

5. Tanin

Satu lagi kandungan daun sirih merah yang banyak manfaatnya yaitu tanin, tanin adalah salah satu senyawa yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengerutkan kulit.

Senyawa tanin memiliki fungsi sebagai astrigensia yang mampu menjadi obat anti diare dan juga untuk mengerutkan kulit. selain itu tanin memiliki sifat anti bakteri juga, anti oksifan yang kuat dan juga anti dotum atau penawar racun

Secara umum daun sirih merah memiliki kandungan yang merupakan antioksidan yang hebat serta antibakteri dan jamur yang handal.

Hal ini menyebabkan daun sirih merah dapat digunakan dalam setiap bidang kehidupan dan juga sebagai media pengobatan dalam dunia kesehatan.

Manfaat daun sirih merah untuk membasmi jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat daun sirih merah dalam dunia kesehatan sangat banyak salah satunya adalah untuk membasmi jerawat.

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena bakteri yang hidup di pori pori wajah dan pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

Seperti yang kita tahu bahwa daun sirih merah memiliki kandungan yang memberkan khasiat anti bakteri. Sehingga dengan menggunakan daun sirih merah kita dapat membunuh bakteri bakteri yang ada di pori pori wajah kita.

Caranya sangat mudah anda hanya perlu merebus daun sirih merah di dalam air kemudian menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci muka. Mudah dan praktis bukan.

Dengan penggunaan secara teratur anda akan mendapatkan kulit wajah bebas jerawat.

Manfaat daun sirih merah untuk diabetes

Setelah dijelaskan mengenai kandungan yang ada di dalam daun sirih merah, kita pasti menjadi sedikit mengerti mengapa daun sirih merah dapat bermanfaat dalam mengurangi kemungkinan seseorang terserang penyakit diabetes.

Ya, daun sirih merah mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemi. Seperti yang kita tahu penyakit diabetes adalah penyakit yang banyak terjadi karena kerusakan organ membentuk insulin dalam darah.

Insulin bertugas untuk mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga ketika insulin tidak diproduksi kadar gula dalam darah akan meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes.

Ketika insulin sudah tidak bisa diproduksi maka salah satu caranya adalah dengan menggunakan terapi daun sirih merah.

Terapi ini dilakukan untuk mengurangi kadar gula dalam darah dengan memanfaatkan sifat hipoglikemi alkaloid dalam daun sirih merah.

Caranya adalah dengan meminum air rebusan dari daun sirih merah secara teratur sebagai salah satu cara untuk terapi.

Manfaat daun sirih merah untuk penyakit jantung

Salah satu kegunaaan dari senyawa flavanoid adalah untuk menyembuhkan penyakit jantung. hal ini juga berlaku pada flavanoid yang terdapat pada tumbuhan kokoa.

Flavanoid merupakan senyawa yang bersifat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Salah satu hal yang banyak terjadi ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang tinggi adalah teganggunya sistem peredaran darah.

Sistem peredaran darah yang terganggu ini dapat menyebabkan kerja jantung menjadi tidak karuhan.

Bisa jadi jantung mengalami kerja yang sangat keras dan dapat menyebabkan penebalan dinding jantung dan menyebabkan kardiomegali atau pembengkakan jantung.