Inilah Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Serta Kandungan Gizinya

Manfaat daun sukun untuk kesehatan memang sangatlah besar. Biasanya orang lebih banyak mengenal buah sukun dibandingkan daunnya karena buahnya sering dimanfaatkan sebagai cemilan atau gorengan.

manfaat daun sukun bagi kesehatan

Namun tidak hanya buahnya, daunnya pun ternyata banyak sekali manfaatnya. Daun sukun pada dasarnya berbentuk segitiga seperti gunungan dengan bagian pinggirnya yang berlekuk-lekuk.

Tekstur tersebut cukup kasar dngan tulang daun yang kelihatan sangat jelas. Daun ini memiliki panjang sekitar 30 – 60 cm dan memiliki lebar 20 – 40 cm. Lumayan besar dibanding dengan daun-daun lainnya.

Daun sukun ternyata memiliki berjuta manfaat yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Kandungan Zat Dalam Daun Sukun

Manfaat daun sukun untuk kesehatan diperoleh dari kandungan senyawa flavonoid di dalamnya. Kandungan flavonoid dikenal sebagai senyawa yang ampuh untuk melindungi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Flavonoid merupakan senyawa dengan zat antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari gangguan racun jahat baik dari dalam tubuh maupun dari luuar tubuh.

Kandungan flavonoid di dalam daun sukun memiliki senyawa yang meliputi kandungan berikut ini.

1. Kandungan Polifenol

Polifenol memang sering ditemukan di berbagai jenis tumbuh-tumbuhan hijau salah satunya adalah daun sukun. Polifenol merupakan senyawa yang mampu memberikan warna hijau dalam tumbuhan.

Kandungan polifenol dalam daun sukun mampu mengurangi risiko penyakit Alzheimer, jantung, ginjal dan berbagai jenis penyakit lainnya.

2. Kandungan Tannin

Tannin merupakan kandungan kedua dari daun sukun. Tannin ini berbentuk pekat dan dapat bereaksi menggumpalkan protein dari dalam tubuh. Selain itu kandungan tannin telah dipercaya sebagai obat antibakteri.

Sifat antibakteri ini dipercaya mampu menyembuhkan bakteri penyebab diare dan bakteri penyebab penyakit lain.

3. Kandungan quercetin

Senyawa selanjutnya adalah quercetin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah.

Selain itu, kandungan senyawa quercetin pada daun sukun dipercaya mampu mengurangi efek alergi tertentu dan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Quercetin juga menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh.

4. Kandungan asam hidrosianat

Asam hidrosianat merupakan salah satu senyawa yang berfungsi sebagai antiseptic. Sifat antiseptic ini membuat daun sukun dapat mengurangi pembengkakan atau luka dalam tubuh.

5. Kandungan asetilkolin

Asitelkolin merupakan kandungan dalam daun sukun yang bermanfaat untuk kesehatan syaraf manusia.

Asetilkolin diproduksi secara alami oleh tubuh manusia untuk melancarkan sistem pengiriman pesan melalui sensor syaraf manusia dari otak ke seluruh tubuh.

6. Kandungan ribovlafin

Ribovlafin merupakan senyawa bagian dari vitamin B. Senyawa ini bermanfaat untuk melarutkan lemak dan juga  mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi yang bermanfaat untuk aktivitas manusia.

Selanjutnya ribovlafin juga bermanfaat untuk mengaktifkan protein dalam tubuh yang bermanfaat untuk mengubah asam amino menjadi sel aktif bagi tubuh.

Ribovlafin juga dikenal sebagai senyawa yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

7. Kandungan kalium

Kalium bermanfaat sebagai pengahntar listrik di dalam tubuh. Disebut sebagai penghantar listrik karena kalium ini bermanfaat sebagai penggerak dari organ penting manusia, seperti ginjal, jantung, dan lainnya.

Selain itu, kalium juga berfungsi sebagai pengganti zat garam bagi penderita hipertensi untuk mengurangi kadar garam dalam darah. Selanjutnya, kalium juga bermanfaat untuk memaksimalkan kerja syaraf manusia.

Khasiat Daun Sukun Untuk Berbagai Macam Penyakit

Manfaat daun sukun dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apa saja penyakitnya, berikut beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan khasiat dari daun sukun.

1. Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ penting bagi tubuh manusia. Jantung berfungsi sebagai organ yang bermanfaat untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.

Jantung manusia dapat terganggu karena menumpuknya lemak dan kolesterol jahat sehingga fungsi jantung dapat terganggu.

Manfaat daun sukun bagi kesehatan jantung adalah melalui kandungan falvonoid sebagai antioksidan bagi jantung.

Daun sukun mampu menghancurkan penumpukan lemak dan racun jahat dari dalam tubuh dan membuangnya dari dalam jantung. Selanjutnya, daun sukun juga dapat mengembalikan fungsi jantung.

2. Penyakit Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting selanjutnya yang berfungsi untuk membersihkan sel darah manusia. Selain itu, ginjal juga berfungsi sebagai organ yang membuang sisa-sisa makanan melalui sistem urin.

Jika kesehatan dari organ ginjal terganggu maka akan timbul risiko seperti gagal ginjal dan lain-lain. Akibatnya, Anda perlu melakukan cuci darah dan mengonsumsi berbagai macam obat dengan efek samping yang tidak nyaman.

Dengan mengonsumsi daun sukun, Anda dapat tetap menjaga kesehatan ginjal Anda. Kandungan dalam daun sukun memungkinkan ginjal Anda terhindar dari bakteri jahat serta menghancurkan penumpukan lemak yang mengganggu kinerja ginjal.

3. Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang cukup mematikan. Kanker dipicu dari kebiasaan buruk konsumsi makanan tidak sehat sehingga menumpuklah bakteri jahat yang memicu timbulnya sel kanker.

Akibatnya, Anda harus menjalani serangkaian pengobatan dokter dan kemoterapi yang sangat tidak nyaman bagi Anda. Daun sukun dengan kandungannya mampu menangkal aktifnya sel kanker dari dalam tubuh.

Khasiat daun sukun mampu menjadi proteksi ampuh bagi tubuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai macam penyakit mematikan seperti kanker.

4. Penyakit Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tingginya tekanan darah di dalam tubuh. Tingginya tekanan darah ini dapat menyebabkan ginjal kewalahan membersihkan darah sehingga performa darah menjadi turun.

Selanjutnya, tingginya tekanan darah juga berefek pada kinerja jantung manusia. Tekanan darah tinggi menyebabkan penderitanya mengalami pusing di kepala dan jantung yang berdebar-debar lebih keras dari biasanya.

Hipertensi juga dapat menimbulkan gangguan psikologis berupa lebih mudah marah atau emosional. Penderita hipertensi biasanya disarankan untuk tidak terlalu keras bekerja dan banyak beristirahat.

Dengan mengonsumsi daun sukun, khasiatnya dapat membantu menormalkan tekanan darah sehingga fungsi organ lain tetap terjaga.

5. Peradangan Luka

Manfaat daun sukun juga dapat digunakan untuk mengobati peradangan akibat luka. Hal tersebut dikarenakan daun sukun kaya akan sifat antiseptic.

Sifat antiseptic ini mampu mempercepat penyembuhan luka dan menghambat pertumbuhan bakteri pada luka yang ada pada tubuh.

6. Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri pada persendian kecil, seperti jari.

Asam urat dapat terjadi secara tiba-tiba ketika menjelang tidur dan juga terjadi ketika Anda sedang melakukan aktifitas harian Anda. Asam urat terjadi karena tubuh manusia menyerap terlalu banyak purin.

Purin inilah yang meningkatkan zat asam di dalam tubuh. Daun sukun dikenal dengan kandungan purinnya yang rendah jadi sangat efektif untuk perlindungan diri dari asam urat.

Selain itu, kandungan senyawa dalam daun sukun ini mampu menghancurkan penumpukan asam urat yang berkumpul di persendian.

Selanjutnya, kandungan dalam daun sukun dapat membantu mengurangi efek peradangan di daerah persendian.