Inilah Khasiat Alami Si Pedas Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Rimpang jahe adalah salah satu rempah di Indonesia yang sering digunakan sebagai tambahan dalam olahan masakan khas Indonesia.

manfaat jahe untuk kesehatan

Selain itu di Indonesia jahe juga sering digunakan sebagai olahan minuman hangat yang nikmat diminum saat cuaca sedang dingin. Namun dibalik semua itu jahe menyimpan sejuta manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Sifatnya yang menghangatkan itu memang membuatnya banyak digunakan untuk keperluan. Sebut saja minuman wedang jahe yang diminum dengan campuran gula merah dan kacang tanah.

Belum lagi wedang ronde yang juga menggunakan wedang jahe sebagai bahan dasar pembuatannya. Dengan begitu banyaknya manfaat jahe yang bisa diambil sudah barang tentu membuat jahe banyak diminati.

Apalagi wedang jahe sangat mudah dibuat oleh karena itu siapa pun bisa membuatnya sendiri di rumah masing-masing. Memangnya apa saja manfaat jahe yang bisa diambil dari tanaman rimpang ini?

Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Memperlancar Aliran Darah

Ternyata manfaat jahe yang pertama adalah jahe bisa digunakan untuk memperlacar aliran darah manusia.

Saat dikonsumsi maka kandungan gingerol yang bersifat antikoagulan akan membuat tubuh terhindar dari penggumpalan darah yang bisa terjadi akibat banyak hal.

Karena penggumpalan darah akhirnya tercegah karena adanya antikoagulan ini maka akhirnya aliran darah bisa kembali menjadi lancar dan mengalir ke seluruh tubuh tanpa mengalami hambatan.

Keadaan lancarnya aliran darah ini akan membuat Anda terhindar dari berbagai resiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke yang salah satunya dipicu karena adanya penyumbatan atau penggumpalan darah yang terjadi dalam tubuh Anda.

Dengan aliran darah yang lancar maka tubuh Anda akan menjadi lebih segar karena oksigen dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh bisa dialirkan dengan baik oleh darah.

2. Mengobati Perut Kembung

Jika Anda sering mengalami perut yang kembung dan rasanya perut tidak enak, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi minuman jahe karena salah satu manfaat jahe yang lain adalah mampu mengobati perut kembung.

Perut kembung bisa dikarenakan oleh banyak hal, termasuk salah satunya karena maag.

Jahe terbukti mampu digunakan untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan pencernaan dan juga yang berkaitan dengan iritasi yang terjadi pada usus Anda.

Sehingga dengan Anda mengkonsumsi jahe maka permasalahan pencernaan itu bisa segera diatasi.

3. Menyembuhkan Migrain

Manfaat jahe selanjutnya adalah jahe dapat digunakan sebagai penyembuh migraine atau sakit kepala, hal ini dikarenakan oleh kemampuan jahe dalam mencegah prostaglandin agar tidak memicu datangnya sakit kepala.

Pasalnya prostaglandin inilah yang menyebabkan Anda terkena sakit kepala. Anda yang sering merasakan sakit kepala atau sakit kepala sebelah maka bisa mencoba untuk mengkonsumsi jahe agar sakit kepala Anda itu bisa segera sembuh.

Sakit kepala seperti migraine ini tidak hanya dapat menyerang orang dewasa saja, bahkan anak usia remaja pun kini banyak yang mengalami migraine.

Daripada minum obat yang berbahan kimia, maka akan lebih baik untuk mengkonsumsi jahe sebagai penyembuh migraine karena tentunya jahe lebih alami.

4. Menyembuhkan Demam dan Batuk

Telah disebutkan juga sebelumnya bahwa terdapat sebuah kandungan bernama gingerol dalam tanaman jahe.

Sebelum untuk memperlancar aliran darah, kandungan gingerol itu juga bisa digunakan untuk menjadikan badan menjadi sehat dan sembuh dari penyakit demam serta batuk.

Meskipun nampaknya sepele namun penyakit ini tidak bisa diremehkan, karena jika terjadi dalam waktu yang lama pun bisa menyebabkan Anda kehilangan kualitas hidup Anda karenanya.

Padahal demam dan batuk juga bukanlah suatu penyakit yang berbahaya namun dampaknya bisa berbahaya jika terus dibiarkan.

Oleh karena itu jika Anda terserang demam dan batuk maka sebaiknya segera periksa ke dokter atau gunakan obat herbal dari jahe.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Dengan mengalirnya darah dengan lancar ke seluruh tubuh, maka tekanan darah bisa menjadi lebih normal.

Oleh karena itu orang yang mengonsumsi jahe dengan rajin bisa membuat tekanan darahnya yang tadinya tinggi menjadi lebih rendah, begitu pula sebaliknya.

Saat tekanan darah menjadi stabil maka tubuh akan merespon dengan baik setiap kali ada bakteri atau virus yang hendak memasuki tubuh Anda, sehingga hal tersebut berarti yang membuat kekebalan tubuh Anda juga bertambah.

Itulah manfaat jahe yang bisa menstabilkan tekanan darah.

6. Tidak Menambah Berat Badan

Bagi Anda yang suka minum jahe tidak perlu khawatir jika sedang diet, karena jahe sama sekali tidak menambah berat badan bagi peminumnya. Dalam jahe terdapat sedikit sekali kalori dan juga jahe membantu tubuh dalam membakar kalori.

Oleh karena itu jahe sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena bisa membantu orang tersebut dalam membakar kalori dari dalam tubuhnya.

Justru Anda bisa makin sehat dari hari ke hari jika rutin mengkonsumsi jahe karena jahe ini bagus untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh yang terhenti atau tidak berjalan lancar.

7. Menyembuhkan Sakit Gigi

Saat sakit gigi sedang kambuh rasanya aktivitas Anda semuanya berhenti, karena pada saat sakit gigi, maka Anda akan merasakan sakit yang luar biasa, ditambah lagi dengan nyeri yang dirasakan tersebut.

Kebanyakan orang kebingungan dalam mencari obat apa yang paling cocok untuk digunakan menyembuhkan sakit gigi, padahal sebenarnya obatnya ada di sekitar Anda.

Jahe bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi karena dalam jahe terkandung zat-zat anti bakteri dan juga anti jamur sehingga bakteri dalam mulut yang menyebabkan sakit gigi bisa dimusnahkan dengan mengkonsumsi jahe.

8. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Sering kali wanita mengalami siklus haid yang tidak beraturan. Jika hal tersebut terjadi maka Anda bisa mecoba untuk mengkonsumsi jahe.

Lama kelamaan Anda akan segera mendapatkan haid dan untuk bulan-bulan berikutnya haid menjadi lebih lancar.

Selain itu jika Anda merasakan sakit perut dan kram pada saat datang bulan maka hal tersebut juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe.

Caranya cukup dengan meminum wedang jahe yang diseduh dengan gula merah pada saat sedang kram, lama kelamaan perut akan terasa hangat dan tubuh Anda kembali sehat karena khasiat dari jahe ini.

9. Mengatasi Masalah Jerawat

Satu lagi masalah yang biasa dialami oleh remaja adalah jerawat. Rupanya jerawat ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe. Jika Anda mengkonsumsi jahe setiap harinya maksimal sebanyak 4 gram, maka jerawat Anda akan perlahan menghilang.

Namun dalam mengkonsumsi jahe ini dianjurkan untuk tidak berlebihan karena bisa menyebabkan diare. Manfaat jahe untuk jerawat ini sudah diteliti di University Maryland Medical Center.

Terbukti dengan mengkonsumsi tanaman jahe masalah jerawat ini bisa diatasi dengan baik. Memang jerawat tidak bisa dibiarkan terlalu lama sebab bisa berubah menjadi jerawat batu yang sangat sulit untuk dihilangkan.