Mengetahui Berbagai Manfaat Jeruk Lemon Serta Kandungan Gizinya

Buah lemon atau sering juga disebut jeruk lemon ini merupakan buah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Ketersediaan di pasaran membuat kita mudah untuk menemukannya.

manfaat buah lemon bagi kesehatan

Buah satu ini memiliki rasa masam yang khas, yang membuat para pengonsumsinya nyengir karena menahan rasa masamnya.

Di balik rasanya yang khas tersebut, sudah bukan rahasia lagi bahwa buah lemon memiliki banyak sekali manfaat.

Mulai dari khasiatnya untuk kesehatan, kecantikan kulit dan wajah, sampai kegunaannya untuk perawatan keperluan rumah tangga.

Kandungan di dalam buah lemon

Di balik berbagai manfaatnya, buah lemon mengandung banyak zat nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, di antaranya ialah kandungan vitamin. Jeruk lemon kaya akan vitamin c seperti kebanyakan jenis jeruk lainnya.

Kandungan ini dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan lain yang terdapat di dalam buah lemon ialah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin B2, kalsium, asam volat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi.

Sebuah jeruk lemon yang memiliki berat 100 g juga mengandung kalori sebesar 22 kalori.

perawatan kecantikan menggunakan jeruk lemon

1. Memutihkan kulit secara alami.

Apakah anda menginginkan kulit dan wajah yang cerah dengan perawatan yang lebih alami? Lemon adalah buah dapat memutihkan kulit secara alami jika kita mengetahui cara dan campurannya.

Jus lemon, jus tomat dan susu adalah perpaduan bahan alami pemutih kulit. Caranya mudah, siapkan jus dari buah lemon dan tomat serta susu.

Campurkan masing-masing 2 sdm jus lemon, jus tomat dan susu ke dalam satu wadah. Aduh hingga merata dan anda dapat langsung mengaplikasikannya dengan cara mengoles ramuan tersebut ke kulit anda.

2. Campuran lemon membantu memutihkan gigi

Perubahan warna pada gigi menjadi kekuningan karena efek dari makanan dan minuman memang kerap menurunkan rasa percaya diri. Apalagi ditambah dengan masalah mau mulut.

Maka dari itu perawatan dengan bahan yang alami dan pastinya dengan kedisipinan menjadi factor penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kita dapat menggunakan campuran lemon, garam dan backing soda untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya mudah, cukup menyediakan buah lemon dan memotongnya menjadi dua bagian.

Kemudian lumuri satu bagian dengna garam dan backing soda, setelah itu gosokan pada gigi. Lakukan kegiatan ini secara rutin hingga mendapatkan hasik yang diinginkan.

3. Air perasan lemon dapat menghentikan rambut rontok

Rambut rontok selain meresahkan juga dapat mengotori lantai karena jatuh saat disisir. Terkadang produk sampo yang menawarkan perawatan rambut rontok pun harus pandai–pandai dalam memilih karena tidak asal cocok.

Alternative yang dapat dicoba untuk mengatasi kerontokan rambut adalah dengan cara alami.

Resep buah lemon ini mungkin dapat dicoba. Campuran yang terdiri dari bahan alami dapat mengurangi resiko yang muncul belakangan karena ketidakcocokan.

Caranya mudah sekali, sediakan 3–4 sendok makan minyak sayur di dalam mangkuk, tambahkan dengan air perasan lemon setengah dari takaran minyak sayur. Aduk rata lalu usapkan pada rambut dan gunakan setiap minggu sekali.

Gunakan selama 2–3 minggu untuk dapat melihat perkembangannya.

4. Lemon dan pisang dapat menghaluskan kulit wajah

campuran buah lemon dan buah pisang dapat memberikan efek halus pada wajah. Ramuan ini dapat diaplikasikan sebagai perawatan tambahan maupun perawatan alternativ bagi wajah anda.

Caranya mudah, yaitu dengan mencampur buah pisang yang sudah matang dengan jus lemon menjadi adonan pasta atau seperti masker–masker pada umunya.

Oleskan pada wajah anda, dan seperti orang menggunakan masker pada umumnya, tunggulah hingga mongering kemudian bersihkan menggunakan air. Anda pun dapat melihat sendiri hasilnya.

5. Melembabkan kulit yang kering

Kulit kering karena efek dari aktifitas sehari–hari dapat mengganggu penampilan kita di depan orang, baik di depan suami, rekan kerja maupun teman sepergaulan sehari – hari.

Manfaat Jeruk Lemon dan khasiat selanjutnya ialah mengatasi masalah yang satu ini dan mengembalikan kelembaban kulit yang kering. Seperti cara–cara yang sebelumnya, campuran kali ini juga sangat mudah.

Sediakan jus lemon dan minyak sayur. Tuangkan satu sendok the minyak sayur ke dalam wadah, kemudian tambahakan satu sendok the jus lemon yang telah dibuat lalu aduk hingga rata.

Oleskan pada bagian tubuh yang kering, biasanya pada daerah tangan, siku, tumit dan bagian lainnya. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilaslah dengan air.

Manfaat lemon untuk membersihkan peralatan dapur anda

1. Kulit lemon untuk membersihkan microwave

Terkadang di permukaan bagian dalam microwave terdapat bekas atau sisa dari makanan yang sulit untuk dibersihkan. Sisa – sisa makanan tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan irisan kulit lemon.

Caranya ialah dengan memasukan irisan kulit lemon ke dalam air. Tuangkan air secukupnya saja ke dalam mangkuk berisi irisan kulit lemon, usahakan takaran antara kulit lemon dengan air seimbang atau lebih banyak takaran kulit jeruknya.

Kemudian masukan mangkuk tersebut ke dalam microwave selama kurang lebih 5 menit dan atur microwave pada suhu tinggi.

Air berisi irisan kulit lemon tersebut akan menguap di dalamnya, lalu terkondensasi dan melunakan kerak–kerak sisa makanan yang menempel di bagian dalam.

Setelah 5 menit, matikan microwave, ambil mangkuk lalu bersihkan bagian dalam microwave dengan handuk.

2. Potongan buah lemon untuk mebersihkan bekas minyak

Bekas – bekas minyak yang menempel pada permukaan meja makan dan kompor dari sisa memasak, sangatlah mengganggu dan membuat suasana ruangan terasa kotor.

Anda dapat menggunakan buah lemon yang terdapat di kulkas anda untuk membersihkannya. Caranya sangat mudah. Iris buah lemon menjadi dua bagian. Ambil satu bagian lalu taburi garam di atasnya.

Paduan buah lemon dengan garam sangat efektif untuk menghilangkan minyak. Gosok-gosokkan potongan lemon yang telah dilumuri garam tersebut ke permukaan kompor atau meja yang berminyak.

Kemudian bersihkan sisanya menggunkan lap atau handuk. Ulangi dengan bagian lemon satunya untuk mendapat hasil yang maksimal.

3. Membersihkan “talenan” dari bakteri

Papan pemotong atau “talenan” yang sering digunakan untuk mengiris berbagai macam bahan makanan adalah area yang rawan untuk tumbuhnya bakteri. Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan potongan buah lemon.

Caranya cukup dengan menggosokkan permukaan talenan dengan lemon. Tentunya potong lemon menjadi dua bagian terlebih dahulu dan bagian dalam yang digunakan untuk membersihkan.

Masih banyak lagi Manfaat Jeruk Lemon dan khasiat untuk kesehatan. Semoga kumpulan tips di atas dapat membantu anda menjaga penampilan, menjaga kebersihan rumah dan tentu saja tetap sehat.