Inilah Beberapa Khasiat Kopi Yang Mungkin Belum Ketahui Sebelumnya

Kopi, ya minuman berwarna hitam dengan cita rasa dan baunya yang khas ini memang begitu memikat. Begitu memikatnya, telah banyak orang yang jatuh cinta dengan si hitam ini. Bahkan diseluruh penjuru dunia kopi memiliki penggemar.

manfaat khasiat kopi

Pada perkembangan awalnya ditemukan ada dua jenis kopi yakni kopi rubusta dan kopi arabica. Untuk kopi jenis arabica terkenal memiliki cita rasa yang lebih nikmat dibanding kopi trobusta. Namun tentunya kembali kepada selera masing-masing orang dalam memilih kopi.

Manfaat kopi untuk kesehatan

Seringkali kopi menjadi pilihan untuk mengawali aktifitas yang diminum dipagi hari sembari menikmati sepotong kue atau menu sarapan lainnya.

Selain itu kopi juga sering menjadi teman ketika sedang berkumpul dengan sahabat-sahabat tercinta. semua itu dilakukan karena memang kopi sangat nikmat untuk dinikmati kapan saja kita mau.

Menikmati kopi ternyata tidak hanya akan memberikan kenikmatan dari rasa dan aroma yang kita dapatkan.

Namun juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh penikmatnya, hanya saja manfaat kopi ini bisa dirasakan ketika mengkonsumsi kopi secara wajar. Artinya khasiat kopi tidak lagi terasa ketika sudah terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

Untuk yang mengkonsumsi kopi dalam intensitas yang tidak berlebihan mereka akan mendapatkan beberapa manfaat mengkonsumsi kopi berikut:

1. Meningkatkan energi dan kecerdasan

Kopi menjadi minuman yang sering dikonsumsi untuk menghilangkan kantuk dan juga untuk menambah konsentrasi. Namun ternyata kebiasaan orang yang mengkonsumsi saat mnegantuk atau saat lelah ini memang dibenarkan.

Secara ilmiah, mengkonsumsi kopi memang dapat meningkatkan kinerja otak dan melancarkan aliran darah, sehingga bagi orang yang sedang mengantuk atau yang sedang lelah akan mendapatkan kesegaran tubuh kembali.

Tentunya ini semua tidak terlepas dari kandungan zat dalam kopi yakni zat kafein. Dalam ilmu kesehatan, kafein sebenarnya tergolong dalam zat psikoaktif yang memang umum untuk dikonsumsi.

Ketika Anda mengkonsumsi kopi, maka zat kafein ini akan diserap oleh darah yang kemudian darah itu mengalir ke otak. Setelah kafein sampai di otak, maka berbagai aspek dan fungsi otak akan meningkat.

Akibatnya orang yang mengkonsumsi kopi akan mengalami peningkatan daya ingat, peningkatan suasana hati, kewaspadaan, mengkatkan energi, meningkatkan reaksi dan meningkatkan fungsi umum kognitif.

2. Manfaat kopi untuk melawan depresi

Depresi adalah gangguan mental atau psikis yang dapat mengurangi kualitas hidup penderitannya secara signifikan. Namun ternyata dengan mengkonsumsi kopi bisa dengan mudah menguragi resiko terkena depresi.

Fakta ini telah dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yang dilakukan di Amerika yang menyatakan bahwa seseorang akan mengalami resiko 20% lebih rendah terkena depresi ketika meminum kopi setiap harinya.

3. Mengurangi resiko terkena stroke

StrokeĀ  merupakan penyakit yang bisa dibilang ganas, karena pada faktanya stroke seringkali datang secara tiba-tiba dan merengut kenyamanan hidup manusia, bahkan nyawapun bisa melayang hanya karena stroke

Pada dasarnya penyakit stroke ini terjadi karena adanya penyumbatan pembulu darah dan kemudian menyebabkan pecahnya syaraf pada bagian tubuh tertentu. Ketika stroke terjadi pada syaraf kaki atau tangan penderitanya hanya mengalami kelumpuhan.

Namun ketika stroke terjadi pada pembulu darah yang ada diotak yang berfungsi sebagai sistem syaraf pusat tentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih fatal dan bisa menyebabkan kematian.

4. Sumber antioksidan tinggi

Manfaat kopi selanjutnya adalah sebagai pemasok antioksidan yang cukup tinggi. fungsi antioksidan sendiri bagi tubuh berguna untuk menangkal radikal bebas,dan mencegah penyakit degeneratif.

5. Menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2

Mengkonsumsi kopi dapat menurukan resiko terkena diabetes tipe 2. Perlu diketahui bahwa untuk diabetes tipe 2 ini sangat rentan dialami oleh masyarakat diseluruh dunia.

Dan jika sudah terserang diabetes tipe ini akan sangat sulit disembuhkan karena tubuh sama sekali tidak dapat memproduksi insulin.

6. Khasiat kopi untuk melindungi dari penyakit Alzheimer

Penyakit alzhaimer sangat sering menyerang pada orang yang memasuki usia lanjut. Penyakit ini dapat membuat penderitanya lupa akan banyak hal, bahkan bisa melakukan sesuatu yang bisa dibilang sederhana seperti caranya makan.

Namun dari hasil penelitian yang ada, penyakit berbahaya bagi lansia ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi kopi secara rutin.

7. Kafein dalam kopi bisa menurunkan resiko terkena parkinson

Penyakit parkison merupakan penyakit lanjutan dari alzheimer atau dengan kata lain, penyakit parkison merupakan alzheimer yang akut. Dan untuk kedua penyakit ini masih belum ditemukan obatnya secara pasti.

Namun dalam upaya pencegahannya, telah ditemukan bahwa khasiat kopi mampu menurunkan resiko terkena kedua penyakit tersebut.

Khasiat kopi untuk kecantikan

Kopi selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata juga sangat bermanfaat untuk kecantikan tubuh. beberapa manfaat kopi untuk kecantikan bisa diketahui berikut:

1. Membakar lemak

Tidak banyak yang tahu ternyata mengkonsumsi kopi dapat membantu orang yang sedang manjalankan proses diet karena kopi memiliki khasiat untuk membakar lemak.

Fakta ini bahkan ditemukan ketika para ahli melakukan penelitan terhadap beberapa obat pelangsing, dan ternyata setiap obat pelangsing telah menyisipkan kafein dalam setiap komposisinya.

Kafein yang disisipkan dalam komposisi obat pelangsing ini memang tidak mebahayakan karena kafein merupakan zat alami yang tidak membahayakan tubuh.

Kemudian para ahli kesehatan ini menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi kafein akan mengalami peningkatan metabolisme sebesar 3- 11 %. Selain itu hasil penelitian lainnya menunjukan bahwa kafein dapat membantu menbakar lemak.

Orang yang menderita obesitas kafein bisa membakar 10% lemak, sedangkan untuk orang kurus bisa membakar 26% lemak.

Namun untuk orang yang mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang, mereka tidak lagi mengalami manfaat kopi sebagai pembantu diet.

2. Mengubah lemak menjadi energi

Fakta lainnya kopi bisa meningkatkan aktifitas fisik manusia. Berkaitan dengan hal ini kafein yang terkandung dalam kopi selain meningkatkan kinerja otak juga mampu merangsang sel-sel syaraf.

Kemudian sel-sel syaraf ini akan membantuk tubuh untuk memecahkan lemak, dan lemak yang terpecah ini akan dirumah tubuh menjadi energi.

Dan kesimpulannya selain bisa membakar lemak, manfaat kopi juga bisa untuk meningkatkan kinerja fisik dengan mengubah lemak menjadi energi.

Tentunya ide mengkonsumsi secangkir kopi kental sebelum berolahraga sangat bisa dilakukan untuk menambah energi dan memaksimalkan pembakaran lemak.

Proses diet dengan ditambah mengkonsumsi kopi tentu akan lebih cepat mendapatkan hasil yang diinginkan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi kopi akan memberikan manfaat bagi kecantikan tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Namun perlu juga diketahui bahwa manfaat kopi untuk kecantikan ini tidak akan terasa lagi jika terlalu sering mengkonsumsi kopi.

Tingkat sering mengkonsumsi kopi sendiri lebih dari 4 gelas dalam sehari, jika sudah lebih dari 4 gelas perhari maka kopi tidak akan lagi memberikan manfaat, bahkan bisa mendatangkan beberapa gangguan kesehatan.