Mengulik Khasiat di Balik Kepopuleran Kulit Manggis

Kepopuleran kulit manggis akhir-akhir ini tengah naik daun di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih ada begitu banyak produk olahan kulit manggis yang mulai dirilis ke pasaran.

khasiat dan manfaat kulit manggis

Hal ini diperkuat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan terhadap manfaat kulit manggis. Ternyata kandungan vitamin dan mineral di dalam kulit manggis jauh lebih tinggi daripada buah manggisnya sendiri untuk dikonsumsi secara rutin.

Walaupun tekstur kulit manggis terbilang bergetah, namun dapat diolah dengan sangat apik. Hanya saja perlu diingat, teknik pengolahan kulit manggis yang benar dapat pula menghilangkan racun yang terdapat di dalam kulit manggis.

Itulah mengapa sangat disarankan mengolah kulit manggis dilakukan di bawah pengawasan ahli. Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan agar kandungan vitamin dan mineral masih tetap sempurna, sedangkan kandungan racunnya bisa dinetralisir dan dihilangkan 100%.

Tak hanya rasanya yang enak, manis dan segar, buah manggis pun nyatanya sangat kaya manfaat. Anda dapat membuktikannya dengan rajin mengkonsumsi buah manggis serta menjaga pola hidup sehat.

Bagi Anda yang telah terdiagnosa menderita suatu penyakit tertentu, jangan khawatir untuk mengkonsumsi olahan kulit manggis. Pasalnya kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam kulit manggis dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Manfaat kulit manggis

Setidaknya, ada beberapa manfaat kulit manggis yang dapat Anda rasakan bagi kesehatan. Beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah ataupun mengatasi kanker

Kanker bukanlah menjadi penyakit yang asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Bila dahulu penyakit ini masih dirasa tidak begitu dimengerti, kini sudah mengalami perubahan.

Semakin meningkatnya jumlah penderita kanker dari tahun ke tahun, mau tak mau membuka mata banyak orang. Betapa berbahanya serangan kanker bagi tubuh seseorang, terutama mereka yang memiliki daya tahan tubuh terbilang rendah atau sangat lemah.

Penyakit satu ini sendiri disebabkan oleh serangan radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari, mengingat tingkat polusi yang cukup tinggi.

Gangguan kesehatan tersebut diakibatkan oleh perkembangan sel kanker yang tidak normal di dalam tubuh dan semakin menekan pertumbuhan sel normal.

Alhasil, tubuh pun menggandakan jumlah sel kanker dengan begitu cepatnya yang menyerang daya tahan tubuh sendiri.

Kondisi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi secara rutin produk olahan kulit manggis. Zat xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis dan buah manggis memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis.

Ini berperan aktif sebagai pemusnah massal berbagai sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Nantinya sel kanker pun akan hancur dan tubuh dapat mencegah perkembangan beberapa sel abnormal yang akan berubah menjadi sel kanker ganas.

Pastinya sangat efektif pula bukan bagi Anda yang ingin mencegah terkena kanker ganas dan mematikan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah sangatlah rentan terserang berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit berbahaya kanker yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas dari luar tubuh.

Tak hanya itu, tubuh pun akan mudah mengalami drop dan terlihat lesu, karena sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah. Itulah mengapa mempertahankan daya tahan tubuh tetap baik harus dilakukan, agar tidak mudah mengalami sakit ringan maupun berat.

Dengan mengkonsumsiĀ  manfaat kulit manggis, sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga. Sistem imun akan meningkatkan kualitasnya, hingga imunitas tubuh tidak mudah diserang virus, bakteri ataupun kuman.

Langkah ini sangat baik pula untuk menangkal virus penyebab meningitis yang selama ini sangat ditakuti masyarakat. Mengingat meningitis sendiri dapat mengakibatkan para penderitanya mengalami koma berkepanjangan hingga kematian.

3. Sistem pencernaan semakin membaik

Bagi Anda yang kerap kali memusingkan sistem pencernaan tidak lancar, cobalah melirik kulit manggis. Mengkonsumsi kulit manggis secara rutin diketahui dapat melancarkan dan memperbaiki sistem pencernaan yang sempat terganggu.

Hal ini dapat terlihat dengan sistem pencernaan yang semakin membaik dan lancar daripada sebelumnya. Seperti yang kita ketahui pula, kerusakan pada usus menjadi penyebab utama terjadinya kanker usus ataupun masalah kesehatan lainnya.

4. Menyehatkan fungsi jantung

Jantung adalah penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat modern. Hal tersebut dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya waktu untuk sekedar berolahraga.

Guna mengatasinya, sebenarnya memang tidaklah sulit bahkan terbilang sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan sebenarnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Mengurangi hingga menghentikan sama sekali kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sebagai gantinya, Anda dapat menerapkan program diet sehat yang mengatur pola makan. Setidaknya hindari makanan yang tinggi kandungan kolesterol jahat bagi tubuh Anda.

Bukan hanya itu, melakukan olahraga secara kontinue dengan durasi ringan pun dapat dipilih. Tentunya Anda pun bisa mengkonsumi manfaat kulit manggis yang dapat membantu menyehatkan fungsi jantung. Kulit manggis diketahui mampu menekan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin serta mineralnya diyakini mampu memperkuat pembuluh darah, mencegah terjadinya arteriosclerosis serta menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sangat cocok bukan bagi Anda yang memiliki riwayat menderita penyakit berat semacam ini? Tak harus tergantung pula dengan obat-obatan kimia yang diketahui mengandung efek samping sangat berbahaya.

Cukup ganti dengan olahan kulit manggis yang jauh lebih aman dan efisien menjaga kesehatan tubuh Anda.

Efek samping konsumsi

Setelah mengetahui sederet manfaat kulit manggis, kini Anda tentu mulai berpikir untuk beralih pada teknik pengobatan ini bukan?

Mengingat banyak dokter dan ahli kesehatan sekalipun yang mulai menggalakkan dan menggerakkan pemanfaatan kulit manggis. Bila dahulu kulit manggis hanya dibuang, tentu kini tidak lagi sebab bisa diolah untuk obat alami.

Terlebih Anda pun bisa menghemat pengeluaran yang seharusnya digunakan untuk berobat ke dokter.

Hanya saja perlu diketahui, walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan tetap ada efek samping yang dirasakan oleh tubuh. Ini dikarenakan tubuh yang mulai membiasakan diri menerima manfaat dari produk olahan alami tersebut.

Tetapi Anda tak perlu khawatir, sebab efek samping yang dirasakan cukuplah ringan dan tidak membahayakan kesehatan tubuh sama sekali. Pada skala ringan, biasanya Anda akan mengeluhkan merah-merah pada kulit tubuh serta wajah, beberapa bagian tubuh yang membengkak ataupun kulit yang terasa gatal serta bersisik.

Sedangkan pada tahap yang lebih berat, biasanya akan dirasakan mual yang disertai pusing serta nyeri pada persendian. Jika Anda mengalami hal yang serupa, cobalah berkonsultasi dengan dokter ahli guna mengetahui secara pasti.

Hentikan sementara waktu konsumsi olahan kulit manggis tersebut, sampai Anda mendapatkan penjelasan yang lebih sesuai. Meskipun begitu, efek samping dari manfaat kulit manggis tak harus ditakuti ataupun menimbulkan trauma bagi Anda.

Jadi, sangat ditekankan sekali untuk berkonsultasi pada dokter Anda sebelum memilih produk olahan kulit manggis ataupun mengolahnya sendiri di rumah.