Labu Siam Kaya Kandungan Nutrisi : Inilah Beragam Manfaatnya Bagi Tubuh

Anda pecinta suyuran? Anda pasti tahu dengan sayuran sehat yang satu ini. Labu siam atau yang sering di sebut sayur jepan oleh masyarakat jawa.

manfaat labu siam untuk kesehatan

Jenis sayuran ini memiliki bentuk mirip dengan buah alpukat tapi memiliki warna kulit yang cerah dan tipis serta memiliki guratan guratan vertikal pada permukaan kulitnya.

Pada sebagian jenisnya labu siam ada yang memiliki kulit yang halus dan sebagian lagi memiliki kulit yang berduri. Daging buahnya berwarna hijau muda cenderung ke putih.

Sayuran ini memiliki banyak getah sehingga jika tahu cara memasaknya akan muncul rasa getir dari getahnya.

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang yang hidup dengan cara merambat pada media yang ada di dekatnya dan dapat tumbuh dengan cepat pada tanah yang lembab atau basah.

Pembuahan tanaman labu siam ini tergolong cepat karena anda bisa memanennya setelah 30 hari setelah masa penyerbukan.

Meskipun bagi pemula akan sulit untuk memasak labu siam, akan tetapi labu siam akan memberikan rasa yang berbeda dengan sayuran yang lain.

Sayuran labu siam iki sering digunakan dalam sayur bobor atau juga ditumis dengan menggunakan cabai. Selain rasanya yang enak.

Sayuran labu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang juga baik untuk menjaga tubuh dari penyakit. Beberapa manfaat labu siam dan kandungannya adalah:

Kandungan nutrisi dari labu siam

Labu siam memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. kandungan vitamin yang terkandung dalam labu siam adalah vitamin C.

Selain itu labu siam memiliki kandungan vitamin B komplek seperti Thiamin atau vitamin B1, Riboflavin atau vitamin B2, niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5, dan juga vitamin B6.

Tumbuhan yang berupa sayuran dan buah yang dikonsumsi oleh manusia juga memiliki ciri khas kandungan mineral yang tinggi. hal serupa juga dimiliki oleh labu siam.

Labu siam memiliki kandungan mineral seperti zat besi, mangan, seng, fosfor dan juga tembaga. Kandungan kandungan dalam labu siam ini menjadikan labu siam menjadi makanan yang memiliki banyak khasiat dama dunia kesehatan.

Beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan dapat dilihat di artikel ini.

1. Manfaat Thiamin atau vitamin B1

Dalam labu siam dikenal sebuah vitamin bernama thiamin yang disebut juga vitamin B1.

Vitamin ini memiliki khasiat untuk memelihara otot jantung sehingga jantung menjai lebih sehat, vitamin ini juga memiliki kemampuan untuk membantu penyimpanan lemak dan juga membantu fungsi sistem syaraf sehingga kepekaan akan lingkungan berupa sikap siaga dibangun dengan vitamin B1.

Kekurangan vitamin B1 dapatĀ  menyebabkan hilangnya nafsu makan yang kemudian berdampak pada terjadinya insomsia.

Vitamin B1 ini juga penting untuk membantu sistem pencernaan, mencegah penyakit beri beri dan juga melindungi tubuh dari gigitann serangga

2. Manfaat Riboflavin atau vitamin B2

Riboflavin atau vitamin B2 adalah salah satu vitamin yang sangat penting dalam melakukan metabolisme dan pemecahan nutrisi makanan seperti karbohidrat, lemak, dan juga protein.

Vitamin ini sangat berperan dalam pemrosesan tersebut. selain dalam metabolisme, riboflavin juga memiliki manfaat dalam membentukan sel darah merah dan juga antibodi.

Jika tubuh kekurangan riboflavon atau vitamin B2 ini dapat menyebabkan banyak hal seperti dapat menyebabkan anemia karena proses pembentukan sel darah merah tidak berjalan dengan baik.

Selain itu efeknya yang paling terasa adalah adanya peradangan di bagian mulut, serta bibir menjadi pecah pecah bahkan bisa terjadi gangguan syaraf. Hal ini sering kali terjadi pada mereka yang mengkonsumsi alkohol.

3. Manfaat Niacin atau vitamin B3

Jika vitamin B1 penting untuk memeliharan otot jantung sedangkan vitamin B baik untuk mencegah anemia, maka peran vitamin B3 atau Niacin tidak kalah penitingnya yaitu untuk mengendalikan kadar koleterol dalam darah.

Selain baik untuk memelihara kadar kolesterol dalam darah, niacin juga memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga kesehatan kulit agar terhindari dari keriput.

Vitamin b3 atau niacin yang terkandung di dalam labu siam juga memiliki banyak peran seputar otak dan juga syaraf pusat.

Vitamin b3 ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otak agar dapat berfungsi secra normal, ketika seseorang mengalami depresi dan menunjukkan tanda tanda skizoprenia.

Dengan mengkonsumsi buah labu siam ini akan dapat mengurangi gejala yang mungkin ada.

4. Manfaat Asam Pantotenat atau vitamin B5

Seperti saudaranya yang lain, Asam pantotenat yang masuk dalam kubu vitamin B komplek juga memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah untuk meningkatkan kesuburan.

Hal ini sudah diuji bahwa asam pantotenat dapat melawan salah satu senyawa penyebab ketidaksuburan yaitu glutathione. Selain itu vitamin B5 ini sangat penting dalam proses penyembuhan para penderita diabetes.

Lebih dari 50% dari penderita diabetes mengalami perubahan ke arah positif dengan mengkonsumsi vitamin B5 atau asam pantotenat ini.

Vitamin yang terkandung dalam buah labu ini juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar lemak jahat pada tubuh sehingga kadar kolesterol dapat diturunkan dan mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit stroke.

5. Manfaat Pyridoxine atau vitamin B6

Vitamin B6 juga dimiliki oleh sayur labu siam. Asal anda tahu vitamin B6 ini memiliki manfaat yang luar biasa dala tubuh.

Penggunaan utamanya dapat untuk mencegah terjadinya bantu ginjal jika ia dikombinasikan dengan magnesium.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya sayur labu siam memiliki kandungan megnesium dan juga perydoxine atau vitamin B6.

Sehingga keduanya akan membantu tubuh untuk mengurangi kemungkinan batu ginjal dengan cara menurunkan kadar oksalat yang meruapkan faktor utaman penbentuk batu ginjal.

Vitamin B6 juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga pengkonsumsinya akan terhindar dari penyakit darah tinggi.

6. Manfaat Vitamin C

Sudah tidak diragunakan lagi jika kita bicara mengenai vitamin C maka akan panjang sekali. Yang jelas vitamin C meruapakan salah satu vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Salah satu kandungannya yaitu anti oksidan merupakan kandungan yang penting untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan diri dan juga pertumbuhan sel kanker. Selain itu vitamin C sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

7. Manfaat zat besi, Mangan, Seng, Fosfor, dan juga Tembaga

Seperti yang kita tahu mineral juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu mineral penting dalam tubuh juga terkandung dalam buah labu, yaitu zat besi.

Zat besi ini sangat diperlukan tubuh untuk melakukan pembentukan sel darah merah sehingga mereka yang mendapatkan asupan cukup untuk zat besi akan terhindar dari penyakit anemia.

Sedangkan seng merupakan zat yang penting dalam aktifitas pertumbuhan tubuh, dan juga penting dalam pemecahan senyawa senyawa nutrisi seperti karbohidrat, protein dan juga lemak.

Sedangkan Fosfor dan Mangan adalah tipe mineral yang penting dalam membentuk kekuatan tulang dan gigi.