Telah Diakui Sejak Lama, Ini Dia Beragam Manfaat Minyak Ikan Bagi Tubuh

Siapa yang belum pernah merasakan mencoba minyak ikan? Pasti kebanyakan dari kita pernah mencobanya. Memang rasa minyak ikan terasa sedikit aneh, lengket, dengan bau yang khas, namun siapa sangka minyak ikan memiliki khasiat yang sungguh banyak.

manfaat minyak ikan untuk kesehatan

Contohnya minyak hati ikan Cod, minyak ikan ini telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Pada awalnya masyarakat daerah Inggris dan Eropa Utara hanya menggunakan minyak ini untuk pakan ternak mereka.

Setelah melihat bahwa ternak menjadi tumbuh baik dan sehat, masyarakat ini pun mulai memanfaatkan minyak hati ikan Cod untuk diri mereka sendiri. Mulai dari menggunakannya sebagai obat sendi, penggosok kulit sampai diminum untuk mencegah flu.

Awalnya minyak ikan hanya dikembangkan dari lemak ikan Paus, namun lama-kelamaan minyak tersebut dikembangkan pula dari ikan dan binatang laut lainnya.

Banyak khasiat dan kandungan yang terdapat dari minyak ikan yang baik untuk kesehatan, yaitu asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Sumber dari minyak ikan ini sebenarnya berasal dari asam lemak yang diproduksi oleh mikroalga. Rantai makanan menyebabkan asam lemak tersebut sampai dan terakumulasi di ikan-ikan besar.

Bagaiaman pembuatan dan apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Pembuatan Minyak Ikan

Umumnya proses pembuatan minyak ikan hampir sama dengan pembuatan tepung ikan.

Ikan-ikan besar dengan lemak tinggi yang biasanya akan digunakan sebagai sumber minyak. Metode yang digunakan dalam pembuatan adalah metode Wet Rendering.

Hati ikan yang masih segar diambil dan kemudian disimpan dalm boks-boks berisi es. Hati ikan ini kemudian diekstraksi dan selajutnya dilakukan purifikasi atau pemurnian.

Tujuan dari purifikasi adalah agar hanya minyak ikan saja yang terambil untuk kemudian akan dimasukkan ke proses selanjutnya.

Jika tidak ada proses purifikasi maka minyak ikan bisa cepat rusak dan kualitas yang dihasilkan rendah.proses selanjutnya adalah degumming.

Pada proses ini minyak ikan kembali diproses untuk diperoleh hanya asam lemak bebasnya saja. Residu karbohidrat, air, fosfatida dan protein dibuang agar tidak bercampur dengan minyak ikan tersebut.

Dan tahap selanjutnya adalah netralisasi, yaitu pemisahan asam lemak dengan minyak atau lemaknya.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat utama dari minyak ikan antara lain yaitu:

1. Menjaga Kardiovaskuler

Salah satu manfaat khasiat minyak ikan bagi kesehatan adalah memelihara kesehatan dan jantung dan menurunkan risiko hipertensi dari penggunanya.

Khasiat minyak ikan yang memiliki omega 3 mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler. Omega 3 sendiri merupakan jenis lemak yang tidak jenuh, sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, omega-3 memiliki manfaat jitu untuk mencegah serangan jantung, stroke, kolesterol tinggi dan arterosklorosis.

Bahkan dari sebuah sumber menyatakan bahwa makan dua porsi ikan dalam seminggu dapat 3x mencegah kematian mendadak karena penyakit jantung.

2. Penangkal Kanker

Selain penyakit kardiovaskuler, omega 3 juga memiliki manfaat dalam menangkal kanker. Telah terbukti bahwa kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar bisa dicegah dengan mengonsumsi minyak ikan.

3. Penurun Trigliserida pada Penderita Diabetes

Siapa yang tak kenal diabetes? Penyakit ini merupakan salah satu momok yang ditakuti oleh kalangan masyarakat ketika memasuki umur tua.

Pada penderita diabetes akan mudah sekali terkena penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler.

Mengonsumsi minyak ikan terbukti dapat menurunkan produksi trigliserida pada tubuh penderita diabetes, sehingga akan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

4. Peningkat Sistem Imun Tubuh

Ternyata khasiat omega 3 belum berhenti sampai di sini. Kelebihan lain dari omega 3 adalah mampu meningkatkan produksi dan aktifitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh.

Ini berarti kekebalam sistem imun tubuh pun akan meningkat yang membuat kita tidak akan mudah terserang mikro parasit tubuh seperti virus dan bakteri.

Pun omega 3 ternyata bisa digunakan untuk pasien yang terkena penyakit imunitas, seperti penyakit lupus yang kekebalan tubuhnya menyerang organ dan jaringannya sendiri.

5. Lebih Mudah dalam Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah mempermudah untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengonsumsi minyak ikan, maka kita bisa menurunkan berat badan lebih cepat daripada sebelum mengonsumsinya, tentunya hal ini harus dibarengi dengan olahraga yang teratur dan makanan sehat yang cukup.

6. Anti Peradangan

Konsumsi rutin minyak ikan ternyata bisa mencegah peradangan dalamĀ  tubuh. Terkait dengan sifat anti inflamasinya, maka minyak ikan pun bisa digunakan sebagai obat radang sendi.

Penyakit arthritis, rematik dan yang lainnya bisa dicegah dengan minyak ikan, sehingga pasien tidak perlu banyak obat NSAID (anti inflamasi steroid).

Minyak ikan memiliki manfaat yang dapat mengurangi rusaknya tulang rawan akibat osteoarthritis. Tentunya jangan menggunakan minyak ikan berlebihan, karena efek sampingnya mungkin bisa berbahaya bagi tubuh.

7. Obat dai Alzheimer

Salah satu penghasil lemak esensial yang baik adalah minyak ikan. Penelitian menyatakan bahwa asam lemak esensial (EPA dan DHA) yang diperoleh dari minyak ikan bisa mengobati penyakit Alzheimer.

Seperti diketahui bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang sulit untuk ditemukan pengobantannya.

8. Obat Depresi

Hasil penelitian dari Ohio, menyatakan bahwa minyak ikan dapat menghilangkan depresi, kesedihan dan penurunan gairah hidup.

Dengan mengembalikan suasana hati serta menjadi obat gangguan biopolar maka minyak ikan telah menjadi salah satu obat suasana hati yang setara dengan cokelat.

Bedanya cokelat bisa beresiko tertimbun menjadi lemak-lemak jahat, sedangkan minyak ikan justru merupakan lemak esensial yang sangat berguna bagi tubuh.

9. Penangkal Sindrom ADHD

Pada anak-anak yang memiliki kelainan tingkah laku seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) maka gunakanlah minyak ikan sebagai obatnya.

Kandungan asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6 dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak yang membantu perkembangan otak menjadi normal.

Efeknya, anak-anak akan lebih mudah berkonsentrasi dalam keseharian mereka, baik dalam pelajaran atau pun dalam kegiatan sosialnya.

10. Sebagai Agen Perawatan Kulit

Seperti yang telah dilakukan masyarakat barat dari dulu, bahwa minyak kulit bisa membuat kulit lebih terawat dan sehat.

Buktinya adalah berbagai masalah kuit seperti eksim, gatal, kulit kemerahan, jerawat atau pun ruam bisa teratasi dengan minyak ikan.

Minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agen-agen yang mendukung terjadinya inflamasi pada kulit. Pun minyak ikan bisa menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit terasa lebih sehat, indah dan tetap muda.

11. Pendukung Bayi dan Ibu Hamil

Satu lagi kelebihan minyak ikan yang sangat bermanfaat, yaitu baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil.

Ternyata minya ikan memiliki khasiat untuk perkembangan otak dan mata janin dalam perut, selain itu minyak ikan bisa mencegah kelahiran prematur, berat badan rendah dan keguguran.

Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi minyak hati ikan Cod dilarang bagi ibu hamil karena memiliki resiko yang cukup berbahaya.

Demikianlah tadi beberapa info mengenai manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda untuk bisa membantu dalam menjaga kesehatan Anda.