Minum Susu Kedelai ? Ketahui Khasiatnya Dari Artikel Ini

Belakangan, di Indonesia mulai banyak yang berminat dengan minuman susu kedelai. Rasanya memang tidak seperti susu sapi sehingga tidak menimbulkan rasa mual bagi yang alergi susu sapi.

manfaat susu untuk kesehatan

Oleh karena itu susu kedelai ini sering dimanfaatkan oleh orang yang tetap ingin mengkonsumsi susu meskipun alergi susu sapi. Olahan susu dari kacang kedelai ini tadinya hanya merupakan olahan yang dibuat di rumah-rumah.

Namun kini nampaknya dengan semakin banyaknya peminat akhirnya kini pun sudah tersedia susu kedelai yang dikemas dengan kemasan yang apik dan juga rasanya kini bisa dibuat bervariasi seperti halnya susu sapi.

Kacang adalah tanaman yang banyak manfaatnya. Menjadikan kacang untuk dijadikan susu bisa dikatakan merupakan ide yang brilian.

Selain dapat mencukupi kebutuhan orang yang sebelumnya tidak suka minum susu sapi, tapi juga bisa memberikan keuntungan pada pedagangnya karena tentunya dengan adanya olahan minuman baru, lahan lapangan pekerjaan pun bisa terbuka lebar karena permintaan semakin naik.

Ada beberapa orang yang memang sudah sejak kecil mengalami alergi susu sapi dan sering mual ketika meminumnya, namun berkat adanya susu kedelai ini maka akhirnya bisa menjadi alternative bagi yang sebelumnya tidak suka minum susu.

Berbeda dengan susu sapi yang lebih kental, susu kedelai ini memang tidak begitu kental dan rasanya juga tidak terlalu manis, sehingga orang yang meminumnya tidak akan merasa mual. Namun begitu kandungan di dalamnya tetap sama banyaknya seperti susu sapi.

Kandungan Dalam Kacang Kedelai

Sebelum membahas tentang manfaat susu kedelai lebih baik kita membahas tentang kandungan yang terdapat dalam kacang kedelai terlebih dahulu untuk mengetahui nutrisi apa saja yang bisa terpenuhi dengan meminum susu kedelai.

1. Protein

Protein merupakan senyawa penting dalam tubuh. Protein bermanfaat untuk mengemulsi lemak di dalam tubuh. Lemak yang telah diemulsi akan lebih gampang untuk dicerna dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Selain itu, protein di dalam kedelai juga bermanfaat untuk mengikat gizi penting dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh Anda.

Protein kedelai juga bermanfaat untuk menggabungkan air dan senyawa lain di dalam tubuh sehingga dapat memaksimalkan kinerja senyawa pada tubuh.

Protein di dalamĀ  kedelai terdiri dari protein globulin sebesar 85 %, protein abumin sebesar 5,5 % serta protein proteosa sebesar 4,5 %. Dengan komposisi ini, protein kedelai mampu memaksimalkan kinerja enzim-enzim dari dalam tubuh.

2. Vitamin A

Vitamin A juga dapat Anda peroleh di dalam kandungan kacang kedelai. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang mudah larut dalam lemak.

Vitamin A merupakan kumpulan senyawa baik yang terdiri dari senyawa retinol, refinil palmitat serta refinil asetat.

Berbicara mengenai vitamin A, masyarakat mengenal kandungan terbesarnya yang bermanfaat untuk memaksimalkan kerja mata manusia.

Namun sebenarnya, vitamin A juga banyak mengandung manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dan befungsi sebagai antioksidan, pelindung tubuh dari radikal bebas.

3. Vitamin B Kompleks

Selanjutnya, kedelai juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks merupakan kumpulan vitamin B, yang terdiri dari :

  • Vitamin B1 atau thiamin, bermanfaat bagi kesehatan jantung dan syaraf.
  • Vitamin B2 atau ribovlafin, membantu mengubah karbohidrat menjadi gula dan energy.
  • Vitamin B3 atau niacin, bermanfaat untuk kesehatan otak, meningkatkan daya ingat manusia dan membantu menjaga kesehatan pencernaan manusia.
  • Vitamin B5 atau panthotenic acid, membantu mengurangi risiko asma, alergi dan rambut rontok.
  • Vitamin B6 atau pyridoxamine, bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan gangguan ginjal, jantung dan penyakit lainnya.
  • Vitamin B7 atau biotin, membantu menyembuhkan berbagai macam gangguan kulit dan membantu proses diet.
  • Vitamin B9 atau asam folat, membantu memperbaiki kinerja sistem otot, berfungsi sebagai zat antikanker, jantung dan stroke.
  • Vitamin B12, bermanfaat untuk membantu meningkatkan sel darah merah dan sel-sel syaraf.

4. Vitamin E

Kacang kedelai juga kaya akan vitamin E. Vitamin E juga kaya akan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh manusia, diantaranya :

  • Menjaga kesehatan kulit manusia
  • Sebagai antioksidan
  • Berfungsi sebagai pelindung darah merah.

Vitamin E dalam kacang kedelai merupakan senyawa yang tidak larut dalam air dan hanya dapat larut ketika telah diemulsi di bagian empedu.

Karena kandungannya ini, beberapa penyakit seperti jantung dapat dikurangi efeknya pada penderita.

5. Kalsium

Kacang kedelai juga kaya akan kandungan kalsium. Kalsium merupakan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tulang manusia.

Kalsium mampu memperbaiki sel-sel tulang sehingga kekuatan tulang tetap terjaga dan tidak mudah mengeropos.

Kalsium pada kacang kedelai sangat besar persentasenya sehingga semakin Anda banyak mengonsumsi kacang kedelai ini kesehatan tulang Anda akan selalu terjaga.

6. Fosfor

Fosfor secara alami diproduksi oleh tubuh untuk menjaga kandungan fosfor di dalam tulang. Kandungan fosfor dalam tulang mampu mempertahankan kekuatan tulang sejak dini sehingga tulang Anda akan selalu kuat meskipun sampai usia tua.

Kandungan fosfor ini juga dapat Anda peroleh dengan banyak mengonsumsi kacang kedelai.

Kandungan fosfor akan sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tulang Anda apalagi jika ditambah dengan kandungan kalsium pada kacang kedelai yang sudah sanat tinggi.

7. Zat Besi

Zat besi dalam kacang kedelai mengandung manfaat yang sangat luar biasa. Kandungan zat besi diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi darah merah pada tubuh.

Selanjutnya, kandungan zat besi juga mampu mengikat oksigen secara lebih cepat ke dalam darah.

Semakin banyak kandungan oksigen dalam darah tentunya akan membuat Anda tampak lebih segar dan bersemangat dalam beraktifitas sehari-hari.

8. Magnesium

Kandungan magnesium di dalam tubuh manusia memang dipercaya mampu mengatur tekanan darah manusia.

Tekanan darah yang berlebihan maupun kurang akan menimbulkan risiko berupa pusing-pusing dan susah untuk berkonsentrasi. Magnesium juga menjadi kandungan alami yang ada pada tubuh Anda.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui tentang kandungan yang bisa didapat dari meminum susu kedelai, maka sudah saatnya untuk mengetahui tentang khasiat atau manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh manusia.

Banyak yang mengatakan bahwa susu kedelai bisa menyebabkan peminumnya bertambah gemuk hal ini dikarenakan oleh banyaknya protein yang terkandung di dalamnya.

1. Menjaga Jantung Senantiasa Sehat

Manfaat susu kedelai yang pertama akan dibahas adalah manfaat susu kedelai untuk kesehatan jantung manusia. Dengan minum susu kedelai secara teratur, maka bisa membuat jantung manusia menjadi lebih sehat.

Benarkah demikian? Jantung adalah organ yang sangat penting bagi manusia maka dari itu untuk memelihara kesehatan jantung, Anda harus senantiasa mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan lemak.

Susu kedelai adalah salah satu minuman yang banyak dianjurkan saat Anda ingin menjaga kesehatan jantung, sebab dalam susu kedelai tidak terdapat banyak kalori apalagi lemak.

Dan seperti yang sudah dijelaskan bahwa dalam susu kedelai terdapat protein yang sangat banyak sehingga kandungannya tersebut baik untuk kesehatan jantung.

Ditambah lagi lemak jenuh dan tak jenuhnya mampu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil dan juga kolesterol agar tidak melebihi batas.

2. Mencegah Naiknya Tekanan Darah

Manfaat susu kedelai yang kedua adalah membantu tubuh dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Karena di dalam susu kedelai terdapat kandungan lemak jenuh dan tak jenuh maka dari itulah tekanan darah tinggi bisa diminimalisir dan akhirnya tekanan pun menjadi lebih stabil.

Ditambah lagi terdapat kandungan magnesium di dalam susu kedelai yang membuat tekanan darah tinggi tidak naik sewaktu-waktu. Susu kedelai sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Berbagai macam kandungannya tersebut akan membantu tubuh manusia agar tidak sampai naik tekanan darahnya. Sehingga tekanan darah bisa stabil dan darah yang bersih bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh yang memerlukannya.

3. Mengurangi Kadar Kolestrol Jahat

Manfaat susu kedelai yang ketiga adalah untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Di dalam susu kedelai terdapat kandungan lesitin yang sudah dipercaya sebagai zat yang mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan berkurangnya kolesterol jahat, maka Anda bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung. Karena kolesterol jahat ini bisa memicu darah untuk menggumpal dan menempel di sepanjang pembuluh darah.

Akibatnya perjalanan darah bersih menjadi tidak lancar, jika sudah demikian maka mudah sekali untuk terserang serangan jantung dan stroke tiba-tiba.

Kemudian di dalam susu kedelai juga terdapat kandungan isoflavon yang bisa membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh menjadi bertambah.

Berbeda dengan kolesterol jahat, kolesterol baik ini adalah sahabat dari jantung sehingga dengan bertambahnya kadar kolesterol baik maka jantung akan semakin sehat.

4. Meminimalkan Resiko Terkena Diabetes

Manfaat susu kedelai yang keempat adalah dapat digunakan untuk mencegah penyakit diabetes dan baik sekali dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Sebab protein di dalamnya sangat mudah diolah oleh organ ginjal orang yang sudah terkena diabetes. Selain itu gula yang terkandung dalam susu kedelai juga tidak banyak.

Dengan mengkonsumsi susu kedelai, maka Anda bisa terhindar dari resiko penyakit diabetes dan bagi yang sudah menderita diabetes pun bisa tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup dari susu kedelai tanpa takut gulanya bertambah naik.

Di dalam susu kedelai terdapat magnesium dan vitamin D yang keduanya sama-sama bagus untuk kesehatan tulang.

Selain itu kedua zat tersebut sangat dibutuhkan tubuh agar dapat menghindari penyakit diabetes tipe 2, terbukti orang-orang yang kekurangan dua buah zat tersebut lebih besar resikonya dalam terkena diabetes tipe 2.

5. Sebagai Pencegahan Dari Tulang Rapuh

Manfaat susu kedelai yang kelima adalah dapat membantu mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis, karena di dalam kedelai terdapat kandungan fitoestrogen.

Kandungan ini akan membuat kalsium dalam tubuh terserap dengan lebih cepat dan juga membuat tulang Anda tetap dalam keadaan kuat karena dengan meminum susu kedelai massa tulang yang terancam hilang bisa diatasi dan membuat tulang menjadi tetap kuat.

Di dalam susu kedelai juga terdapat vitamin D yang baik untuk tulang.

6. Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan gejala letih lemah lesu seperti tidak bersemangat. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan darah yang membawa kandungan oksigen ke seluruh tubuh.

Oksigen itu sendiri berfungsi untuk memudahkan tubuh menjadi lebih segar. Dengan mengonsumsi kacang kedelai, risiko anemia dapat teratasi.

7. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Pertumbuhan tulang dan gigi terutama bagi bayi merupakan hal yang sangat penting. Dengan kandungan fosfor di dalam kacang kedelai, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi bayi Anda.

Maka itu, disarankan bagi ibu hamil maupun menyusui untuk tidak lupa mengasup makanan berbahan kacang kedelai untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi bayi Anda.