Mengenal 4 Manfaat Teh Hijau yang Luar Biasa untuk Tubuh Manusia

Manfaat teh hijau bagi sebagian orang sangat membutuhkan informasinya. Hal itu dikarenakan manfaat dari tanaman yang hanya bisa tumbuh dan berkembang di dataran tinggi ini ternyata begitu hebat.

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Bukan hanya di bidang kesehatan saja, tetapi teh hijau juga berkhasiat di bidang kecantikan tubuh.

Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa teh hijau begitu populer sebagai minuman herbal yang memiliki manfaat dan khasiat luar biasa bagi tubuh manusia.

Kepopulerannya bukan hanya di Indonesia saja, tetapi hampir di seluruh dunia. Beberapa orang atau pihak memanfaatkan pamor teh hijau yang terus merangkak naik untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Mereka menjual racikan teh hijau yang sifatnya instan. Jadi, orang banyak cukup menyeduhnya saja racikan tersebut dengan air panas, lalu meminumnya. Pasti sangat menyegarkan sekaligus berkhasiat untuk tubuh orang-orang yang mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Di Indonesia minuman teh begitu populer di tengah masyarakat. Berbagai kalangan menjadikan minuman teh sebagai teman menemani aktivitasnya sehari-hari.

Sifatnya yang ringan serta tidak menjadikan peminumnya seperti ‘ketagihan’ membuat minuman teh dipilih banyak orang. Mulai di pagi hari dengan suhu udara yang dingin, sangat menyenangkan membuat teh panas atau hangat.

Sementara di siang hari dengan suhu udara yang terik, terasa segar menenggak es teh yang dingin. Sementara itu, ada beberapa jenis teh yang dijual di pasaran Indonesia saat ini.

Teh biasa yang berwarna kecoklatan, teh kuning, teh hitam, hingga teh hijau. Semuanya menjadi pilihan tersendiri banyak orang yang menggemari minum teh.

Lalu, apa saja manfaat teh hijau bagi kehidupan manusia? Berikut sedikit informasinya untuk Anda simak.

1. Menurunkan berat badan

Tidak sedikit orang yang sudah membuktikan sendiri menurunkan berat badan mereka hanya dengan mengkonsumsi teh hijau. Pasalnya, manfaat teh hijau dapat mengurangi penyerapan lemak di dalam tubuh.

Dengan begitu, jumlah lemak di dalam tubuh akan menurun drastis. Bukan hanya itu saja. Pasalnya, di dalam teh hijau terkandung katekin polifenol yang berfungsi untuk membakar lemak di dalam tubuh.

Oleh karena itu, Anda yang rutin meminum teh hijau akan merasa hangat di dalam tubuh sebagai akibat dari pembakaran lemak sedikit demi sedikit.

Namun demikian, Anda harus mengetahui dan mentaati aturan minum dari teh hijau agar tidak ada efek samping yang dirasakan. Hal itu dikarenakan beberapa orang yang terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau malahan membuat sistem pencernaannya terganggu.

Mereka mengalami gejala diare, yaitu mencret-mencret hingga mengalami dehidrasi. Tentu saja hal itu membahayakan dan jangan sampai terjadi bagi Anda yang meminum teh hijau untuk menurunkan berat badan.

2. Mengatasi jerawat membandel di wajah

Manfaat teh hijau berikutnya, yaitu mencegah sekaligus mengobati jerawat membandel yang tumbuh di permukaan kulit bagian wajah. Jerawat disebabkan oleh kotoran, minyak, serta bakteri yang menutup pori-pori kulit wajah.

Jika tidak segera dibersihkan, pori-pori akan terinfeksi hingga menjadikannya benjolan-benjolan kecil yang terasa sakit saat disentuh atau dipegang.

Bagi sebagian orang, memiliki kulit wajah berjerawat akan membuat kepercayaan diri menurun saat berada di keramaian umum.

Oleh karena itu, mereka melakukan segala cara agar bisa membasmi semua jerawat tersebut. Nah, daripada memakai obat jerawat yang banyak dijual bebas sekarang, lebih baik menggunakan teh hijau untuk membasmi jerawat.

Pasalnya, teh hijau lebih sehat karena berbahan herbal atau alami. Lagipula, terdapat cukup banyak zat antioksidan yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat membandel.

Anda bisa mengkonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari. Cara lainnya, yaitu menempelkan ampas hasil seduhan teh hijau di bagian wajah yang berjerawat. Silakan dibuktikan sendiri di rumah.

3. Mencegah penyakit kanker

Kanker menjadi penyakit pembunuh yang ditakuti banyak orang di dunia. Hampir semua bagian organ tubuh manusia bisa dihinggapi sel-sel kanker yang ganas.

Jika tidak segera dicegah dan diantisipasi, sel kanker tersebut sedikit demi sedikit menggerogoti tubuh penderitanya hingga dia meninggal dunia. Bahkan, sel-sel kanker tidak pandang bulu saat menjangkiti tubuh manusia.

Mulai dari bayi hingga orang tua, pria maupun wanita. Semua sama-sama beresiko menderita penyakit kanker yang mematikan. Oleh karena itu, harus dicegah sedini mungkin.

Anda lebih baik menggunakan cara-cara alami yang lebih sehat dan aman untuk semua orang, daripada mengkonsumsi obat-obatan yang tidak menutup kemungkinan berbahan kimiawi berbahaya.

Salah satu bahan herbal yang bisa Anda konsumsi untuk pencegahan penyakit kanker, yaitu teh hijau. Pasalnya, teh hijau mengandung zat antioksidan yang 100 kali lebih kuat dari vitamin C, serta 24 kali lebih berkhasiat dari vitamin E.

Dengan kandungannya yang hebat seperti itu, tubuh Anda akan selalu terlindungi dari berbagai bibit penyakit yang berbahaya karena daya tahan tubuh meningkat.

Silakan dibuktikan sendiri manfaat teh hijau untuk mencegah penyakit kanker dengan mengkonsumsinya sekali sehari.

4. Mengoptimalkan detoksifikasi di dalam tubuh

Anda yang sering mengkonsumsi makanan berlemak, berkalori tinggi, sajian instan, cepat saji, atau sejenisnya. Hal itu sangat meningkatkan resiko banyak kandungan bahan-bahan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Bahan-bahan kimiawi tersebut bisa berwujud bahan pengawt, pewarna, pemanis, penambah rasa, atau yang lainnya. Jika terus dikonsumsi secara rutin, sedikit demi sedikit akan menumpuk di dalam tubuh.

Selanjutnya jika tidak segera dikeluarkan, sudah pasti mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara umum karena menjadi racun yang berbahaya. Anda akan merasakan berbagai gejala yang berbentuk penyakit yang mematikan.

Oleh karena itu, mau tidak mau harus dikeluarkan semua bahan kimiawi tersebut dengan cara detoksifikasi.

Detoksifikasi dapat diartikan, yaitu pengeluaran segala racun dari dalam tubuh untuk menghidari beragam penyakit yang ditimbulkannya. Sebenarnya, detoksifikasi bisa dilakukan secara alami, yaitu pada saat Anda mengeluarkan urine atau air kecil dan keringat waktu berolahraga.

Namun demikian, terkadang deroksifikasi secara alami belum seluruhnya mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh, sehingga perlu bantuan.

Dengan kata lain, Anda perlu mengkonsumsi ramuan atau obat-obatan tertentu untuk membantu proses detoksifikasi lebih optimal. Dengan begitu, tubuh Anda akan terasa lebih sehat dan bugar setiap hari.

Nah, salah satu ramuan herbal yang bisa Anda konsumsi untuk mengoptimalkan detoksifikasi, yaitu teh hijau. Pasalnya, kandungan antioksidan di dalam teh hijau sangat membantu membasmi semua bibit penyakit dan racun di dalam tubuh.

Apalagi jika ditambah dengan aktivitas olahraga yang rutin dilakukan. semua racun dijamin dapat dikeluarkan dari dalam tubuh tanpa efek samping negatif yang berbahaya.

Silakan Anda mengkonsumsi teh hijau secangkir sehari pada pagi hari sebelum beraktivitas atau bekerja. Namun perlu diingat, jangan berlebihan saat mengkonsumsinya agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan begitu, kesehatan dan kebugaran akan menjadi milik Anda sekalian setiap hari dengan cara yang mudah dan murah, yaitu mengkonsumsi teh hijau. Itulah beberapa manfaat teh hijau.