Khasiat Temu Lawak, Tumbuhan Obat Yang Sudah Terkenal Sejak Jaman Dahulu Kala

Untuk pengemar jamu atau tradisional, tentu tidak asing lagi dengan temulawak. Tumbuhan herbal yang memiliki nama lain curcuma ini memang sudah sangat familiar,terutama dikalangan masyarakat Indonesia.

manfaat temulawak untuk kesehatan

Tentunya semua itu karena khasiat temulawak yang sudah dapat dibuktikan.

Berdasarkan fakta yang ada, temulawak digolongkan sebagai herbal yang bisa menjangkau semua golongan.

Golongan yang dimaksud bukanlah miskin ataupun kaya, namun golongan usia anak-anak, golongan usia dewasa, maupun golongan usia lanjut. Dan semua orang dalam usianya bisa mendapatkan manfaat temulawak.

Untuk temulawak seringkali orang memanfaatkannya sebagai herbal yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan menambah stamina.

Selain itu bagi para ibu-ibu tentu sudah sangat tahu sebagai salah satu trik agar anaknya memiliki nafsu makan adalah dengan memberikan temulawak. Dan untuk mengetahui khasiat lebih banyak lagi tentang temulawak, yuk simak tulisan selainjutnya.

Manfaat temulawak untuk ibu menyusui dan anak-anak

Khasiat temulawak untuk meningkatkan nafsu makan anak tentu bukan rahasia lagi. Bahkan temulawak seringkali digunakan sebagai komposisi dari produk-produk penambah nafsu makan anak ataupun suplemen bagi anak.

Meskipun demikian sebenarnya temulawak jauh lebih baik jika diminumkan secara langsung,tanpa harus dikemas dalam bentuk supleman ataupun sirup.

Berkaitan dengan hal tersebut, temulawak yang diminumkan secara langsung atau dalam bentuk minuman jamu jauh lebih aman bagi anak.

Mengingat bahwa ketika temulawak sudah dikemas dalam bentuk sirup ataupun supleman dikhawatirkan akan mengandung zat-zat yang membahayakan anak, terutama zat pengawet yang pasti ada dalam produk obat kemasan.

Pilihan terbaiknya, Anda harus mengekstrak sendiri temulawak.

Untuk mensiasati agar anak menyukai temulawak ini sebaiknya extrak temulawak tidak diberikan secara langsung.

Karena sudah dipastikan anak akan melakukan hal apapun untuk tidak memasukkan jamu temulawak yang rasanya tidak enak kedalam mulutnya.

Maka untuk mengatasinya, Anda perlu menambahkan madu agar rasa jamu temulawak ini menjadi manis,dan pada akhirnya anak bisa mendapatkan kesehatan dari manfaat temulawak.

Tidak hanya pada anak-anak, temulawak ternyata juga menyimpan manfaat untuk ibu-ibu yang menyusui. Bagi ibu yang menyusui temulawak bisa membantuk untuk memperlancar air susu mereka.

Cara mendapatkan manfaat temulawak untuk memperlancar ASI (air susu ibu) ini bisa dibilang cukup mudah. Anda cukup mengambil sekitar 20 gram temulawak, cuci hingga bersih kemudian parut.

Setelah selesai peras dan rebus air perasannya hingga mendidih, kemudian diamkan dan setelah dingin tambahkan 2 sendok makan madu. Jamu ramuan temulawak untuk memperlancar ASI ini bisa dikonsumsi dua kali yakni pagi dan sore.

Khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh

Setelah mengetahui khasiat spesial temulawak bagi ibu menyusi dan juga anak-anak, kini saatnya kita membahas lebih luas lagi manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh.

Beberapa khasiat temulawak untuk menyehatkan tubuh beserta cara pemanfaatannya bisa diketahui seperti berikut ini:

1. Khasiat temulawak untuk menyembuhkan sakit bisul

Khasiat temulawak selain bisa menambah nafsu makan ternyata dapat juga untuk menyembuhkan sakit bisul. Pemanfaatan temulawak untuk sakit bisul ini bisa dengan cara mencuci bersih temulawak secukupnya.

Kemudian rebus dua gelas air, gula aren dan dengan ditambah temulawak tadi, lalu rebus hingga tersisa 1 gelas air dan tambahkan asam jawa sebesar ukuran ibu jari, setelah semuanya hentikan perebusan, tunggu hingga dingin dan silakan dinikmati hingga habis.

2. Khasiat temulawak untuk mengobati sakit gula hepatitis

Pemanfaatan temulawak untuk mengobati sakit gula hepatitis bisa dilakukan dengan cara mudah,yakni dengan mengambil temulawak sebesar 2 jari, cuci, kupas dan iris kecil-kecil.

Kemudian rebus dengan setengah liter air, tambahkan gula aren dan terus rebus hingga tersisa satu gelas air, setelah itu dinginkan dan bagi dua porsi kemudian minum dua kali dalam sehari secara teratur.

3. Khasiat temulawak untuk mengobati ginjal kronis

Khasiat temulawak selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati ginjal kronis.

Ramuan temulawak yang dapat digunakan untuk menyembuhkan ginjal kronis ini bisa dilakukan dengan cara berikut: menyiapkan temulawak secukupnya, cuci dan kupas hingga bersih, masak temulawak tadi dengan 4 gelas air, masukkan daun kumis kucing 1 gengam dan meniran 1 genggam, rebus semua bahan tadi hingga tertinggal 2 gelas air atau setengahnya, dan air rebusan ini bisa dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

4. Menfaat temulawak sebagai obat kanker

Jika diatas tadi kita sudah banyak membahas pemanfaatan temulawak dengan meramunya dengan tanaman herbal lainnya. Maka saat ini kita akan membahas lebih detail mengenai manfaat temulawak.

Dan salah satu manfaat temulawak yang bisa membuat Anda terkagetkan adalah bisa mengobati kangker, khususnya untuk penyembuhan kangker postat.

Di tahun 2001 silam telah diadakan penelitian mengenai kangker postat. Hasilnyapun cukup mencengangkan karena ternyata temulawak bisa menghambat pertumbuhan sel kangker.

Khasiat temulawak untuk mengobati kangker postat ini didapat dari adanya kandungan antioksidan dalam temulawak.

5. Manfaat temulawak untuk menjaga organ hati

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa hati merupakan organ yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi untuk menetralisir racun. Tentunya ketika kinerja hati ini megalami ganguan tubuhpun juga akan terkena dampaknya.

Namun dengan rutin mengkonsumsi temulawak ternyata secara tidak sadar kita menjaga kesehatan hati. Mengapa bisa terjadi? Alasannya karena temulawak mengandung zat katagoga.

Zat katagoga ini akan membantu hati untuk memproduksi cairan empedu dan termasuk membantu pengosongan kantung empedu. Dengan demikian selain menjaga kesehatan hati, temulawak juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya batu empedu.

6. Manfaat temulawak untuk menurunkan lemak darah

Temulawak berkhasiat untuk menurukan kadar lemak darah karena temulawak mengandung fraksi kurkuminiod.

Jika masuk kedalam tubuh, zat fraksi kurkuminoid ini mampu untuk menurunkan kolestelor dan juga lemak pada darah manusia.

Selain itu, zat tersebut juga berjasa untuk menurunkan potensi sakit jantung dan menjaga sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

7. Manfaat temulawak untuk menurunkan resiko radang sendi

Masalah yang berkaitan dengan persendian seringkali dikeluahkan oleh orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut.

Berkaitan dengan masala sendi ini, ternyata temulawak juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah radang sendi.

Tentunya mengatasi peradangan sendi dengan temulawak jauh lebih aman dan murah dibanding mengatasinya dengan berbagaimacam obat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, ternyata temulawak mengandung kurkumin yang sama dengan 100mg fenibutazon, dimana fenibutazon itu adalah zat yang bisa membantu penurunan rasa nyeri dan juga radang pada sendi.

Untuk sistem kerjanya, kandungan kurkumin dalam temulawak ini akan membantu menghambat mengalirnya leukosit ke arah sendi yang nyeri atau yan meradang.

Selain itu, zat kurkumin ini juga membantu tubuh untuk menghambat terbentuknya mediator radang.

Lebih mengejutkan lagi temulawak ternyata bisa menyembuhkan radang sendi pada semua subjek yang telah diuji secara maksimal, dan tentunya tanpa harus meninggalkan efek samping.

Dan untuk khasiat temulawak sebagai obat radang sendi ini sudah sangat familiar di negara India, yang sejak lama mengunakan temulawak sebagai obat radang sendi.