Ketahui Manfaat Timun Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut & Kulit

Khasiat timun untuk kesehatan, rambut dan kulit membuat buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pelengkap menu makan Anda.

manfaat timun untuk kecantikan

Timun kaya akan kandungan nutrisi, air, elektrolit dan tidak mengandung kalori yang tinggi. Timun sangat cocok dijadikan sebagai lalapan karena rendah kolesterol, rendah lemak tak jenuh dan sodium.

Kandungan nutrisi didalam timun yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, asam pantotenat, fosfor, folat, kalium, karbohidrat dan zinc, sangat cocok untuk Anda yang sedang diet.

Selain itu juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan mengatasi berbagai penyakit ringan dan kronis.

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Timun sangat baik bila dikonsumsi saat masih muda karena akan lebih terasa renyah, lembut dan terasa lebih manis, sehingga sangat enak bila dikonsumsi sebagai lalapan, pelengkap isi burger, sandwich, salad atau di jus.

Inilah beberapa khasiat timun untuk kesehatan dalam kehidupan sehari – hari. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Timun mengandung serat yang tinggi, kalori yang rendah dan tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan, seperti penyakit lambung, sembelit kronis dan detoksifikasi usus.

2. Membantu Meluruhkan Batu Ginjal

Kandungan air yang tinggi pada timun sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah dengan penyakit ginjal dan kandung kemih.

Hal ini karena timun dapat membantu melancarkan buang air kecil dan bila dikonsumsi secara teratur dan rutin dapat membantu meluruhkan batu ginjal.

3. Mempercepat Pencernaan Protein

Timun juga mengandung sebuah enzim yang sangat bermanfaat untuk kesehatan yaitu Erepsin.

Ezim ini membantu mempercepat proses pencernaan protein sehingga bila dikonsumsi secara rutin dapat membantu menyembuhkan penyakit maag, asam lambung, gastritis, tukak lambung dan mulas-mulas.

4. Membantu Mengusir Cacing Pita

Selain buahnya, biji timun juga memiliki manfaat. Biji timun dapat berfungsi sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita dari saluran usus.

Selain itu biji timun juga memiliki sifat anti peradangan (anti-inflamasi) yang sangat baik untuk mengobati penyakit tenggorokan dan pembengkakan pada selaput lendir hidung.

5. Mencegah Penuaan Dini

Timun kaya akan anti-oksidan seperti Beta keroten, karoten, lutein dan zea-xanthin yang merupakan senyawa yang sangat berkhasiat dalam membersihkan tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit akibat penambahan usia.

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Timun merupakan sumber potassium (kalium) terbaik, dimana setiap penyajian per 100 gram mengandung sekitar 147 miligram kalium.

Senyawa yag satu ini merupakan elektrolit yang sangat baik untuk kesehatan jantung, mengurangi denyut jantung, dan menstabilkan denyut jantung.

7. Meredakan Peradangan

Selain dikonsumsi secara langsung, timun juga dapat di jus atau di ekstrak menjadi bagian dari sayur.

Ekstrak timun sangat baik untuk meredakan peradangan, karena adanya aktivitas enzim inflamasi seperti cyclo-oxyenase yang berperan untuk mencegah produksi oksida nitrat yang menjadi salah satu penyebab terjadinya perdangan.

8. Meningkatkan Produksi Insulin

Timun yang di jadikan jus ternyata mengandung hormon yang dibutuhkan oleh pankreas untuk membantu memproduksi insulin, yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Kandungan tembaga yang tedapat didalam timun juga membantu tubuh menghasilkan sel-sel darah yang sehat, sehingga meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh.

9. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Timun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat masih segar baik sebagai lalapan ataupun sebagai pengganti cemilan di siang hari.

Kandungan pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol yang merupakan 3 lignan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko perkembangan beberapa sel-sel kanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker ovarium, kanker usus dan kanker prostat.

Dengan mengkonsumsi 3 lignan tersebut secara teratur maka bakteri akan ditangap oleh lignin dan diubah jadi Enterolignans yang mengikat ke reseptor estrogen, sehingga mengurangi estrogen penyakit yang berkaitan dengan sel-sel kanker.

10. Meredakan Stress

Timun memiliki sifat diuretik karena mengandung kadar air tinggi, kalium, serat dan mangan sehingga bila timun di didihkan dan uap yang dihasilkannya di hirup maka dapat menjadi pereda stress yang sangat ampuh karena memberikan efek menenangkan dan melemaskan panca indera dan otot-otot.

11. Memperkuat Tulang

Kandungan vitamin K didalam timun sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang dan membantu aktivitas orthotropic.

Senyawa silica yang terdapat didalam timun berkhasiat untuk kesehatan sendi, memperkuat jaringan ikat, dan menjadi sumber kalisum yang sehat, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang mengkuti program diet.

Mengkonsumsi kalsium dari timun secara teratur dapat menjaga keseimbangan produksi hormon dalam tubuh.

12. Mencegah Alzheimer

Bagi para lansia mengkonsumsi timun secara teratur dapat membantu kinerja neurotransmitter yang merupakan senyawa kimia otak yang sangat diperlukan untuk berkomunikasi, mencegah penyakit Alzheimer dan kerusakan pada otak.

Khasiat Timun Untuk Kesehatan Rambut

Setelah mengetahui berbagai khasiat atau manfaat timun untuk kesehatan, maka berikutnya adalah mengetahui 2 khasiat timun untuk rambut, yaitu :

1. Mengurangi Kerontokan Rambut

Timun mengandung sulfur sodium, silikon, kalsium dan fosfor yang menjadi nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut, mengkonsumsi timun secara rutin setiap hari dapat memperkuat rambut dan mengurangi rambut rontok.

2. Membuat Rambut Lebih Bercahaya

Jus timun selain dikonsumsi, ternyata juga sangat baik untuk dipakai untuk membilas rambut, bila Anda teratur membilas rambut dengan timun maka dapat membuat rambut menjadi lebih mengkilat, halus dan lembut.

Manfaat Timun Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Bila timun dapat digunakan sebagai bagian dari perawatan keindahan rambut, maka ternyata timun juga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk mempercantik kulit.

Bahkan timun sering digunakan oleh salon kecantikan sebagai bagian dari proses perawatan kecantikan kulit (facial), yang bertujuan untuk menghilangkan kantung mata dan mengurangi garis halus pada wajah (keriput).

Berikut ini beberapa khasiat timun untuk kulit , yaitu :

1. Revitalisasi Kulit

Menggunakan timun sebagai masker wajah sangat berkhasiat untuk merevitalisasi dan mengencangkan kulit

2. Mencerahkan Kulit

Timun mengandung pemutih yang ringan, sehingga dapat membuat warna kulit lebih bercahaya dan nampak awet muda.

3. Mengurangi Bengkak Pada Kantung Mata

Timun kaya akan asam caffeic dan asam askorbat yang sangat bermanfaat untuk mengurangi area hitam dan bengkak pada area sekitar mata yang biasa disebut dengan kantung mata.

4. Meredakan Luka Bakar

Ekstrak timun yang di iris, dihaluskan kemudian di oleskan pada kulit sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit akibat sinar matahari seperti luka bakar akibat sengatan matahari.

5. Mengencangkan Kulit

Untuk mencegah penuaan dini dan membuat kulit awet muda. Anda bisa menambahkan jus timun dengan beberapa tetesan jus lemon, setelah itu gunakan sebagai masker wajah, biarkan sampai 15-20 menit.

Kebiasaan ini akan mengencangkan dan menambah kecerahan kulit.

6. Mengecilkan Pori – Pori Kulit

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah dengan pori-pori yang besar (terbuka) maka ekstrak timun dapat Anda gunakan untuk mengatasinya.

Campurkan ekstrak timun dengan bubur tomat, cuka apel, dan gel lidah buaya untuk hasil yang lebih cepat dan efektif.

7. Menghilangkan Selulit

Khusus untuk para wanita yang mengalami kesulitan untuk menghilangkan selulit pada paha dan perut, dapat mencampur jus mentimun dengan 2-3 sendok bubuk kopi dan madu, setelah itu aduk sampai menjadi pasta.

Oleskan pada seluruh area kulit yang terdapat selulit, lalu bungkus dengan kain muslin, kemudian biarkan 25-30 menit, setelah itu kupas atau buka secara perlahan.

8. Melembabkan Kulit

Kandungan air yang banyak pada timun sangat berkhasiat untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi.

9. Menghilangkan Flek Hitam

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan flek hitam pada kulit dapat memanfaatkan timun untuk mengatasinya. Parut timun sampai halus, setelah itu oleskan keseluruh kulit wajah untuk mengobati flek-flek hitam pada wajah.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan mengenai Khasiat timun untuk kesehatan, rambut dan kulit.